Progres Pekerjaan Pembangunan Lapangan Rumput Stadion Joyokusumo Capai 7 Persen

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dalam pekan ini progres pelaksanaan pekerjaan pembangunan lapangan rumput Stadion Joyokusumo Pati, mencapai 7 persen. Hal tersebut menyusul setelah pekan sebelumnya progres itu seperti tak beranjak grafiknya, karena tetap pada angka 3,98 persen karena tahapan pelaksanaan pekerjaan memang tak bisa dimaksimalkan.

Sebab, untuk pekerjaan yang seperti sudah berlangsung termasuk pembuaatan saluran untuk peresapan keliling lapangan meskipun saluran U haris menggunakan material beton, tapi hal tersebut tidak bisa memaksimalkan tahapan pekerjaan dimaksud. Akan tetapi setelah pelaksanaan pekerjaan penataan tanah lapangan, dan juga persiapan pembuatan lubang saluran untuk peresapan progresnya bisa mencapai sebesar itu.

Dengan demikian, kata salah seorang pelaksana lapangan dari rekanan penyedia jasa kerja sama operasional (KSO) PT Hoetama Karya Gemilang Pati. Edy, jika nanti pemasangan pipa-pipa saluran untuk peresapan sudah terpasang semua, progres diharapkan bisa mencapai 10 persen. ”Untuk pelaksanaan pekerjaan itu jumlah lokasi yang harus digali untuk peresapan sebanyak 23 titik,”ujaranya.

Masing-masing titik, lanjutnya berjarak lima meter di mana saluran peresapan itu dipasang melintang lapangan dengan sistem mengalirnya air dibagi dua, yaitu sebagian ke sisi timur dan sebagian lainnya ke sisi barat. Karena itu, setelah penggalian untuk pipa terpasang material pelapis berupa geotekstil juga akan segera menyusul digelar sesuai ukuran panjang kali lebar lapangan, baru pipa-pipa berbentuk spiral itu menyusul dipasang.

Selesai dari tahapan pekerjaan tersebut akan segera diikuti dengan pekerjaan penempat material batu pecah ukuran 2/3 cm menutup seluruh pipa saluran peresepan. Berikutnya diikuti dengan penempatan material jenis yang sama, tapi ukurannya sedikit lebih kecil yaitu 1/2 cm dan 1/1 cm secara berlapis dan masing-masing lapis untuk ketebalannya sudah terukur

Tahap selanjutnya adalah menutup lapisan batu pecah tersebut dengan abu batu, dan diharapkan pada tahapan ini rumput sintesis buatan pabrik sudah selesai diproduksi dan siap digelar. ”Jika pekerjaan yang dijadwalkan memakan waktu 75 hari kalender tersebut bisa tuntas, maka progres pelaksanaan pekerjaan pembangunan lapangan rumput stadion dipastikan bisa mencapai 90 persen, karena progres pemasangan rumput sendiri adalah sebesar 70 persen,”imbuh Edy.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Dampak Ketidakjelasan Alokasi Bantuan Provinsi, Jalan Bajomulyo Kian Parah
Next post Wabah Covid-19, Sedekah Bumi Sambiroto Digelar Sederhana
Social profiles