Pemdes Pagerharjo Rapid Test Lagi Warganya Sebanyak 30 Orang

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Desa Pagerharjo, Kecamatan Wedarijaksa, Pati akan melakukan rapid test bagi warganya sebanyak 30 orang di Puskesmas Wedarijaksa II. Hal ini, dilakukan dalam rangka menelusuri peta persebaran covid-19, yang sebelumnya warga Desa setempat meninggal dunia dikarenakan mengidap Virus Corona.

Kepala Desa Pagerharjo, Kecamatan Wedarijaksa, Pati Iwan Harnoto menyebut melakukan sejumlah upaya demi memutus mata rantai persebaran covid-19 di lingkungannya. Karena sebelumnya, salah seorang warga setempat terpapar virus corona yang pada akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada hari Rabu (1/7) di RSUD RAA Soewondo.

“Iya, kan ada yang terkena covid-19, jadi kita tracing untuk hal itu. Dari tracing itu kita temukan bahwa ada juga yang terpapar virus. Itu, kita tracing lagi atau tracing lanjutan,” katanya kepada Saminnews di Balaidesa setempat, Rabu (8/7).

Untuk rapid test sebelumnya, merupakan langkah tindak lanjut dari PDP yang meninggal dunia sebanyak 34 orang. Dari sejumlah itu, dari rapid tes ditemukan 5 orang yang reaktif. Hingga, sesuai kebijakan yang berlaku di daerah Pati. Akan dibawa ke Hotel Kencana sebagai tempat isolasi atau karantina yang disediakan oleh pemerintah Kabupaten Pati.

Sedangkan, rapid test yang kedua merupakan rapid lanjutan dari tracing sebelumnya. Dan ditemukan 30 orang untuk diminta rapid test. “Kita juga minta bagi yang bersangkutan itu, yang pernah kontak dengannya kami minta untuk karantina mandiri di rumahnya masing-masing. Tujuannya, agar lingkungan sekitar, diharapkan tidak terpapar secara lebih luas lagi,” lanjutnya.

“Kita koordinasikan secara intens untuk tindak lanjut dari peristiwa itu. Kami Koordinasi dengan Muspika. Juga akan mengumpulkan RT / RW untuk membahas tersebut dan sekaligus sosialisasi memberi pemahaman tentang itu,” kata dia.

Selain itu, saat ini pihaknya akan membantu peserta yang isolasi mandiri untuk dibantu keluarganya. Karena, tentunya mereka tidak bisa keluar dalam mencari mata pencaharian seperti biasanya. Oleh karena itu, akan meminta bantuan dari rekan-rekan dari dewan maupun siapa saja yang mau membantu, tandasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Memelihara Kemampuan, Kodim Pati Gelar Sejumlah Pembinaan
Next post E-Koran Samin News Edisi 8 Juli 2020
Social profiles