Kolam Tambat Kapal, Hampir 600 Batang Sheet Pile Sudah Terpasang

0
38
Sisa batang sheet pile yang belum terpasang pada bagian dinding kolam tambat kapal di sekitar Pulau Seprapat Juwana.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sampai hari ini, Senin (20/7) sedikitnya hampir 600 batang sheet pile sudah terpasang pada dinding kolam tambat kapal, di kawasan Pulau Seprapat Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Pato. Dengan demikian, progres pelaksanaan pekerjaan oleh rekanan Kerja Sama Operasional (KSO) PT Aneka Tata Sarana Pati tersebut sudah mencapai 60 persen lebih.

Paling tidak hingga bekahirnya pekan ini, untuk progres pelaksanaan pekerjaan diperkirakan sudah bisa mencapai 65 persen. Hal tetrsebut mengingat, seluruh material sheet pile yang sudah diorderkan ke pihak perusahaan yang memproduksi meterial itu yang sampai saat ini belum dikirim hanya tinggal 7 batang.

Dengan demikian, kata Site Manajer PT yang bersangkutan, Amin, paling tidak untuk pemasangan sheet pile diperkirakan bisa tuntas pada akhir bulan ini, atau paling lambat awal bulan depan sepanjang tidak ada kendala di lapangan. ”Semisal terjadi kemunduran, hal itu juga tidak ada masalah kalau mundur satu atau dua pekan,”ujarnya.

Sebab, lanjut dia, pihaknya  masih mempunyai hari kalender hingga September mendatang tapi sisa hari kalender tersebut akan lebih diefektifkan untuk pemadatan akses lingkungan kolam tambat kapal. Yakni, penataan pemdatan urukan yang semuanya untuk struktur tanah lama harus digantikan dengan tanah normal, sehingga pemdatannya nanti benar-benar maksimal.

Selain itu, pelaksanaan pekerjaan lainnya yang juga sudah berjalan adalah pemadatan urukan untuk ruas jalan dalam lingkungan kolam tambat kapal. Sesuai rencana, akses jalan tersebut adalah dua lajur dengan panjang 450 meter, lengkap dengan median jalan yang juga dilengkapi lampu penerangan.

Saat berakhirnya seluruh pekerjaan lampu penerangan jalan di lingkungan kolam tambat kapal tersebut juga sudah menyala, karena jaringan tiang listrik lengkap dengan jaringan kabelnya sudah terpasang. ”Untuk keperluan tersebut kami harus memasang tiang lampu sebanyak 11 titik dari lokasi jaringan terakhir PLN ke lokasi kolam tambat kapal,”imbuh Amin