Daftar Pencari Kerja di Pati Capai Ribuan Orang

0
28
Kepala Bidang Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja (PPTK) Sri Mulyanto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati mencatat, pada Juni hingga Juli ini, tingkat pencari kerja lebih dari seribu orang. Hal itu berdasarkan data pengajuan kartu kuning atau Angkatan Kerja (AK1).

Data tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja (PPTK) Sri Mulyanto melalui laporan pencari kerja yang terdaftar ditempatkan berdasarkan pendidikan. Mulai dari tingkat sampai pada tingkat magister.

“Terdiri dari pencari kerja laki-laki sejumlah 591. Sedangkan gelombang perempuan sebanyak 816 orang. Jumlah keseluruhan ditotal ada 1407 pencaker,” katanya saat dikonfirmasi Saminnews, Rabu (29/7/2020).

Menurut data pencaker yang dikeluarkan itu didominasi oleh pencari kerja dengan latar belakang pendidikan setingkat SLTA. Ini dibuktikan dengan pencari kerja laki-laki 542 dari total 591 pada bulan Juni s.d Juli 2020. Serta dari kalangan perempuan sebanyak 655 orang.

Menyusul kemudian, diikuti oleh latar pendidikan strata satu (sarjana) yang kemudian pada tingkat SLTP. pada bulan ini lulusan strata satu sebanyak 25 dari laki-laki, dan 34 jenis kelamin perempuan. Serta lulusan SLTP jumlahnya 35 daftar pencari kerja.

Namun demikian, pihaknya mengaku bahwa jumlah pencaker pada bulan ini merupakan pendataan dari bulan sebelumnya. Yaitu sebagai penjumlahan terkalkulasi jika sebelumnya masih terdata pada Dinas Tenaga Kerja dengan status pencari kerja.

“Sisa pencari kerja pada bulan sebelumnya yaitu dari laki-laki sebanyak 4154. Sedangkan perempuan berjumlah 1597 orang. Ini dari semua background pendidikan. Jadi ditambah antara bulan sisa dengan bulan ini,” jelasnya berdasarkan bunyi laporan tersebut.

Dengan demikian pada bulan ini Disnaker telah mencatat sebanyak 4743 dari pencari kerja laki-laki. Dan untuk perempuan terdapat 2413. Data ini sifatnya dinamis, karena untuk bulan Juli dikeluarkan bulan Agustus mendatang, tutupnya.