Arpusda Siapkan Prosedur Buka Pelayanan

0
16
Pustakawan Arpusda Kabupaten Pati Sugiri.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) menyebut telah mempersiapkan diri untuk membuka pelayanan kembali bagi pemustaka atau masyarakat yang berkunjung ke tempat tersebut. Hal ini berkaitan upaya perumusan tata kelola di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

“Perumusan kebijakan telah kami siapkan untuk pelayanan masyarakat. SOPnya kita sudah buat sudah jadi. Tinggal menunggu ijin dari Bupati untuk itu,” ungkap Pustakawan Arpusda Kabupaten Pati Sugiri di kantornya kepada Saminnews, Jumat (17/7) kemarin.

Secara Prosedural untuk ruang pelayanan telah disiapkan dengan memberi alat kaca sebagai pembatas. Ini dimaksudkan untuk memberi jarak antara petugas pelayan dengan yang berkunjung.

Selain itu, tempat sterilisasi buku atau koleksi bacaan juga disediakan. Yang disebut ada tempat pemanasan dan juga tempat scanning buku. Hal tersebut dilakukan guna memastikan buku yang masuk dari masyarakat telah diupayakan bersih.

“Untuk raknya kita beri pemanas seperti lampu gitu. Sebelum buku ditaruh dirak, di sterilisasi terlebih dahulu. Tujuannya sendiri adalah bahwa buku kan dari luar, yang mana kita tidak tahu apakah ada (virus) yang menempel atau tidak. Jadiha, hal itu tepatnya sebagai antisipasi semata,” terangnya.

Persiapan tersebut pada prinsipnya adalah bahwa tahun ajaran baru bagi anak sekolah secara resmi telah dibuka. Begitupun dengan rencana kami, sebenarnya berbarengan dengan dibukanya tahun ajaran baru yang jatuh pada pekan kemarin.

“Sebenarnya anak sekolah masuk, kita juga sudah bisa membuka layanan. Tapi anak sekolah juga belum kan, masih belajar daring. Tapi sistem SOPnya sudah kita siapkan. Bagaimana sistem peminjaman, pengembalian buku,” paparnya.

SOP yang telah dibuat itu fokusnya merupakan penerapan protokol kesehatan. Mulai dari masuk dengan cuci tangan, pemustaka wajib memakai masker, kemudian di dalamnya juga diatur agar duduknya tidak berdekatan dengan menerapkan physical distancing, pungkasnya.