Warga Masih Berolahraga di Stadion Joyo Kusumo, Pembangunan Mulai Berlangsung

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kendati pelaksanaan pekerjaan pembangunan Stadion Joyo Kusumo Pati sudah mulai berlangsung tapi tiap hari, baik pagi maupun sore hari masih banyak warga yang berolahraga. Yakni, dengan memanfaatkan lintasan atletik yang ada di stadion tersebut dan seharusnya hal itu tak perlu terjadi kecuali atlet yang rutin berlatih menyesuaikan jadwal.

Untuk tahap awal sekarang ini, memang benar mobilitas kendaraan proyek yang keluar maupun masuk lokasi belum terlalu padat sehingga mereka yang berolah raga di lintasan masih bisa menghindar dari kendaraan yang lalu-lalang. Saat ini yang tengah beroperasi memang baru sejumlah ”dump truck” mengangkut tanah hasil pengurangan ketinggian tanah lapangan bersama rumputnya untuk dibuang.

Akan tetapi pada tahapan berikutnya, kata beberapa pelaksana pekerjaan di lapangan, jika nanti sudah mulai mendatangkan material baik geotekstil maupun material batu pecah sudah pasti banyak dump truck yang keluar masuk lapangan. ”Hal itu mengingat banyaknya material, baik batu pecah ukuran 2-3, 1-2 maupunĀ  1-1 cm untuk pelapis struktur tanah lapangan yang rumputnya akan diganti dengan rumput sintesis,”ujar salah seorang di antara mereka, Edi.

Tidak hanya itu, masih kata dia, selain material tersebut yang jumlahnya cukup banyak karena harus menyesuaikan luas lapangan standar, yaitu panjang 105 meter dan lebar 70 meter, ditambah lebar ekstra dua sisi masing-masing 4,5 meter, tentu cukup banyak. Sebab, bagian tanah dan rumput yang dikeruk saja mencapai 15 meter, sehingga untuk penyediaan material itu tinggal mengkalikan.

Di sisi lain, masih ada jenis material yang juga harus masuk ke lapangan, yaitu pipa berbentuk spiral untuk kepentingan peresapanĀ  yang ukurannya mencapai 4 ”inci.” ”Prinsipnya jika pelaksanaan pekerjaan mulai berlangsung maksimal, maka lokasi yang selama ini menjadi fasilitas tempat berolahraga bagi masyarakat tetap hars ditutup total, karena kalau dijadwalkan jika mereka sudah berada di dalam tentu sulit jika diminta harus meninggalkan tempat tersebut,”tandasnya.

Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) yang juga Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Arif Wahyudi ketika ditanya berkait hal tersebut tidak mengelak. ”Kami sudah berkoordinasi yang bertugas di stadion, baiknya bagiamana agar tidak banyak warga yang berolahraga berlalu-lalang di lokasi proyek,”tandasnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Hal Substansi dalam Pembelajaran Daring
Next post 48 Rekanan Mendaftar Ramai-ramai untuk Pekerjaan Alun-alun Jakenan
Social profiles