48 Rekanan Mendaftar Ramai-ramai untuk Pekerjaan Alun-alun Jakenan

0
109
Lokasi pembangunan Alun-alun Jakenan yang kini dalam tahapan lelang.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dibukanya pendaftaran lelang paket pekerjaan pembangunan Alun-alun Jakenan, Pati yang pagu anggarannya bersumber dari APBD Kabupaten Pati Tahun 2020 sebesar Rp 2,4 miliar, ternyata banyak rekanan pemilik usaha konstrusi berbentu CV yang mendaftarkan diri. Jumlahnya ada 48 rekanan, dan mereka bukan hanya semata-mata berasak dari Pati tapi juga dari luar daerah setempat.

Hal tersebut menunjukkan, bahwa sampai pertengahan tahun atau pertengahan Juni ini, banyak daerah yang tidak bisa menyelenggarakan pengadaan barang / jasa. Sebab, angaran yang semula dialokasikan dalam perencanaan harus dihitung ulang dan  dialihkan untuk membiayai percepatan penanganan virus Corona (Covid-19).

Ketika masalah itu ditanyakan kepada Kasub Bag Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Kabupaten Pati, Alfonsius Rico, hanya tersenyum seraya menambahkan rekanan pendaftarnya untuk tender paket pekerjaan ini memang cukup banyak. ”Sekali lagi yang mendaftar untuk mengikuti tender paket pekerjaan itu memang cukup banyak, karena seluruhnya ada 48 rekanan,”ujarnya.

Akan tetapi, katanya lagi, dari jumlah rekanan yang mendaftar sebanyak itu, ada berapa yang memasukan dokumen penawaran belum dilakukan pengecekan. Kendati mendaftar tapi tidak memasukkan penawaran sudah barang tentu tidak disertakan dalam evaluasi untuk menentukan siapa rekanan yang nanti lolos, dan akhirnya keluar sebabagai pemenang.

Karena itu, pihaknya masih tetap menunggu berapa rekanan yang positif memasukkan berkas penawaran yang akan dibuka hingga Selasa (23/6) pekan depan. Dengan demikiian, lebih baik rekanan yang sudah mendaftar segera memasukkan berkas penawaran sehingga di antara rekanan sebanyak itu bisa ikut bersaing, maka akan benar-benar teruji kemampuannya sehingga tidak hanya ikut mendaftar saja.

Menjawab pertanyaan, Afonsius Rico menambahkan, untuk tender paket pekerjaan jalan yang sudah masuk ke pihaknya dari Bidang Binamarga DPUTR Kabupaten Pati. ”Sampai saat ini masih dalam proses pengecekan kelengkapan yang disyaratkan, dan jika masih ada yang kurang lengkap maka paket sebanyak 19 untuk jalan dan satu paket untuk talut pasti ada yang kami kembalikan untuk dilengkapi,”imbuhnya.