Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Pati Respon Pembakaran Bendera Partai

0
78
Kantor DPC PDI Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Catur Susilaning, membeberkan arahan Ketua Umumnya, Megawati Soekarnoputri, menanggapi insiden pembakaran bendera partai berlambang banteng moncong putih tersebut. Salah satu arahan Megawati, kata Catur, meminta kader agar tetap tenang dan menempuhnya lewat jalur hukum.

Catur, yang sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik pada Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Pati juga menjelaskan respon oleh pimpinan setempat dengan berkoordinasi serta konsolidasi bersama para kader yang lain. Guna pembahasan lanjut terkait surat instruksi dari Pimpinan Pusat (PP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Di grup WA struktural partai dan kader PDI Perjuangan Kabupaten Pati ramai memprotes tidak terima atas perlakuan para pendemo dan ingin melawan mereka secara langsung karena mereka telah menginjak-injak harga diri partai,” terangnya saat dikonfirmasi, Sabtu (27/6/2020).

Akan tetapi, lebih lanjut, Catur menegaskan meski sikap dari kader partai yang loyalis ini ingin melawan dengan cara konfrontasi terhadap peristiwa pembakaran bendera. Namun, atas dasar instruksi pimpinan pusat suasana tegang bisa diredam dan dikendalikan. Yaitu dijelaskan, sikap pimpinan akan menempuh jalur hukum, bukan dengan membalas melalui aksi kegaduhan serupa.

“Jangan terpancing emosi untuk membalas aksi pembakaran bendera partai dengan melakukan tindakan anarkis. Yang justru nanti akan membuat suasana rusuh lantaran ada aksi serupa.  Kita tidak perlu  menanggapi  mereka dengan kekerasan, tetapi kita akan membawanya ke jalur hukum,” tambah dia mengutip instruksi ketua umum partai.

Sementara itu, pihaknya menambahkan seperti yang disampaikan ketua DPC PDIP Pati, Ali Badrudin bahwa mereka ingin mengambil alih kekuasaan negara ini dari presiden yang sah, yaitu Presiden Jokowi. Secara terang dan jelas ingin meminta Jokowi untuk turun dari kursi kepemimpinan presiden saat ini.

“Apapun akan di lakukan oleh para pembenci Jokowi yang merasa terganggu kepentingannya. Sudah berbagai langkah dilakukan untuk membuat kerusuhan dan memancing Jokowi untuk melakukan kesalahan tetapi semuanya tidak berhasil,” kata dia berdasarkan pernyataan ketua DPC PDIP Pati.

Sebelumnya untuk diketahui, segerombolan massa membakar bendera partai  merah itu dalam aksi unjuk rasa penolakan atas RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (25/6/2020).