Sosialisasi Kehidupan Normal di Tengah Pandemi Covid-19

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian setempat, kini tengah melakukan sosialisasi dan uji tatanan kehidupan normal baru di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Sasarannya adalah para pengunjung sejumlah pasar, yaitu Pasar Puri, Rogowangsan, Juwana Baru, Tayu, dan Pasar Kayen.

Dengan demikian, setiap hari sejumlah personel gabungan mulai pukul 06.00 s/d pukul 14.00 ditempatkan di pintu masuk lingkungan pasar, dan yang kali pertama dilakukan adalah pengecekan suhu badan. Sedangkan jika ada yang melebihi batas suhu badan normal, langsung dicatat lamat tempat tinggalnya seuai KTP, untuk dilakukan tindak lanjut penanganannya.

Dengan demikian, kata salah seorang personel Bidang Pengelolaan Pasar Disdagperin Kabupaten Pati, Widyo, apa yang dilakukan dalam sosialisasi ini adalah tak beda jauh dengan penerapan disiplin masing-masing warga di tengah pandemi Covid-19. ”Karena itu, jika ada pedagang maupunĀ  pengunjung yang tidak memakai masker pihaknya untuk sementara menyediakan atau membantunya,”ujarmya.

Akan tetapi, katanya lagi, upaya tersebut tak bisa terus-terusan dalam sosialisasi yang akan berlangsung selama satu bulan tersebut. Dengan demikian, paling maksimal dalam satu pekan jika para pengunjung pasar maupun para bakul masih juga abai terhadap kedisiplinan memakai masker, maka tindakan atau langkah selanjutnya akan dilakukan pihak atasan yang sudah barang tentu oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Covid-19.

Tindakan itu sifatnya adalah ketegasan agar mereka benar-benar meningkatkan displin untuk melakukan apa yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, sehingga bila masih ada ketentuan seperti pemakaian masker tetap tidak diindahkan bisa-bisa tindakan yang diberlakukan tidak hanya peringatan dan teguran, tapi sudah penjatuhan sanksi.

Apalagi jika mengingat, bahwa para pedagang di pasar-pasar itulah yang kondisi rentan terhadap penyebaran dan penularan Covid-19, karena tiap hari selalu melakukan kontak dekat secara langsung dengan pembeli.”Karena itu, uji coba penerapan disiplin untuk para pedagang dan juga pengunjung pasar harus berjalan seiring,”tandasnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Kepala Diskominfo Pastikan Penyaluran BLT DD di Tayu Tepat Sasaran
Next post Tasyakuran Karyawan Tidak Tereaksi dalam Rapid Test dengan Membakar Ikan
Social profiles