PPDB Siap dengan Konsep ‘Think Globally Act Locally’ ala SMA N 2 Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – SMA Negeri 2 Pati menyebut sudah siap dalam menyongsong era Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tahun angkatan 2020/2021. Sesuai rencananya, pemerintah membuka pendaftaran peserta didik tingkat SMA se-derajat ini dijadwalkan dimulai pada tanggal 17 Juni nanti.

“Pada tanggal 17 Juni besok untuk pembukaan jadwal PPDB secara online, jadi siswa di rumah saja, karena menggunakan sistem Online sudah bisa mendaftar. Yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dan kami sudah mempersiapkan untuk hal itu secara seratus persen,” kata Kepala SMA Negeri 2 Pati Budi Santosa di ruangannya, Jumat (12/6/2020).

Untuk link pendaftarannya sendiri dengan mengacu dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah yang bekerjasama dengan Telkomsel. Jadi, untuk tingkat SMA dan SMK link pendaftarannya sama, di ‘https://pati.siap-ppdb.com/#/.

SMA N 2 Pati disebutnya, beda dengan sekolah-sekolah yang lain. Dalam konsepnya sendiri jelas tak sama dengan sekolah lainnya. Siswa dibekali wawasan untuk ke depan dengan berpikir global. Pemikiran yang luas dan juga kritis serta peduli bagi pengetahuan maupun lingkungan.

“Sekolah mempunyai konsep ‘think global, act locally’. Para siswa kita didik untuk berpikiran dan berwawasan global. Tidak hanya bersaing tingkat lokal melainkan hingga nasional dan juga internasional,” tegas Budi.

Akan tetapi, masih kata dia, disamping dalam menerapkan pemikiran yang luas untuk bisa bersaing di kancah yang lebih luas itu jangan sampai melupakan nilai-nilai luhur. “Dalam bertindak atau berperilaku dengan berasaskan nilai-nilai luhur atau lokal wisdom. Meskipun menjadi orang terkenal, orang besar, akan tetapi tetap menganut budaya luhur wong Pati,” harapannya.

Nilai-nilai lokal masih relevan dengan sekarang ini, nilai yang diyakini luhur adiluhung itu dalam kesehariannya menjadi identitas sesudah keluar dari sekolah yang bersangkutan. Meski sudah melalang buana, tapi masih mencerminkan tindak yang mulia dengan salah satunya menerapkan lokal wisdom.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Siapkan New Normal, Ganjar : Jangan Tergesa-gesa
Next post Kapolres Pati Turun Langsung Bagikan Bantuan Sembako di Desa Bumiharjo
Social profiles