Penyerahan BLT DD di Kecamatan Margorejo Terlambat Berjam-jam

SAMIN-NEWS.com, PATI – Lebih dari 1.000 warga dari 13 Desa di Kecamatan Margorejo, Pati yang Jumat (5/6) hari ini menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) harus berjam-jam menunggu kedatangan petugas dari Bank Jateng Cabang Pati. Hal itu terjadi karena jadwal yang sudah ditetapkan pukul 15.00 tidak bisa ditepati, karena petugas yang menyerahkan bantuan tersebut masih ada di desa dan kecamatan lain yang pada hari sama juga dijadwalkan menerima bantuan tersebut.

Desa-desa itu antara lain untuk 8 desa terdapat di Kecamatan Gabus, selain itu juga ada di Kecamatan Pati (13 desa), Kecamatan Tlogowungu hari ini dijadwalkan (5 desa). Menyusul Kecamatan Trangkil dijadwalkan (7 desa) Wedarijaksa (6 desa), Winong (9 desa), Gembong (11 desa), Kecamatan Cluwak (1 desa), Kecamatan Dukuhseti (1 desa), dan Kecamatan Gunungwungkal dijadwalkan (9 desa).

Selebihnya ada lagi Kecamatan Tayu juga dijadwalkan di (9 desa), Kecamatan Margoyoso (10 desa), disusul Kecamatan Batangan (1 desa), Kecamatan Jaken (6 desa), Kecamatan Jakenan (8 desa), dan Kecamatan Juwana dijadwalkan di (10 desa). Selebihnya ada juga di Kecamatan Pucakwangi (1 desa), Kecamatan Kayen (9 desa), Kecamatan Tambakromo (11 desa), dan Kecamatan Sukolilo (5 desa).

Khusus Kecamatan Margorejo, kata Camat setempat, Sudarto yang warganya harus menunggu untuk menerima bantuan BLT DD bulan Juni 2020 hingga malam hari, jumlah seluruhnya ada 1.086 warga. ”Sebenarnya lebih dari itu, karena untuk Desa Margorejo sendiri dari calon penerima sebanyak 64 orang dan per orang masing-masing Rp 600.000, tapi pada saat pelaksanaan warganya sebanyak 21 orang mengundurkan diri,” ujarnya.

Selain itu, katanya lebih lanjut, untuk jumlah desa  seluruhnya ada 16 tapi yang dua desa sudah menerima penyerahan bantuan tahap pertama, yaitu Desa Sokokulon dan Jimbaran. Sedangkan dua desa lainnya Pegandan dan Dadirejo pihak desa belum menjadwalkan, dan satu desa lainnya yang hari ini dijadwalkan menerima bantuan tersebut adalah Jambean Kidul sebanyak 177 warga.

Akan tetapi data itu masih perlu diperbaiki lagi, karena sudah ada yang pernah menerima bantuan lain masih masuk dalam daftar penerima BLT DD bulan ini. ”Dengan demikian, untuk Kecamatan Margorejo totalnya masih kurang tiga desa, yaitu Jambean Kidul yang penerimanya dicantumkan sebanyak 177 orang serta dua desa yang belum menjadwalkan,” paparnya.

Terpisah petugas security dari Bank Jateng yang juga ikut terjun langsung menyerahkan bantuan BLT DD. Abu Na’im ketika ditanya atas keterlambatannya datang di Kecamatan Margorejo, karena hari ini sejak pagi hingga siang banyak warga di desa-desa yang harus dilayani. Semua personel yang bertugas sudah dikerahkan, ada yang di Kecamatan Jaken, dan juga di Kecamatan Dukuhseti.

Sedangkan yang lain ada yang diterjunkan pula di desa-desa dalam Kecamatan Kota Pati, seperti brombongannya sebelum ke Margorejo juga ke Desa Ngarus. ”Hal seperti itu berlangsung tiap hari, sehingga kadang-kadang kami sudah siap penerima bantuannya belum siap atau baru dihubungi satu oer satu sehingga kami harus menunggu,”tadasnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 5 Juni 2020
Next post Abainya Pemerintah Terhadap Anak di Masa Pandemi
Social profiles