Masuk Kawasan Alun-alun Harus Bermasker

0
47
Seorang personel dari Satpol PP sejak pukul 05.00 harus selalu siaran mengingatkan siapa saja yang berada dalam lingkungan Alun-alun Simpanglima Pati harus memakai masker.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com  PATI – Mengingat Minggu (21/6) pagi kawasan Alun-alun Simpanglima Pati dipastikan akan banyak pengunjung dengan berbagai kepentingan, sekadar bergerombol atau untuk berolahraga maka keliling kawasan tersebut dipasang spanduk/baner pemberitahunan. Yakni, siapa saja yang berada di kawasan ini harus memakai masker karena dalam situasi seperti itu, ketentuan untuk menjaga jarak di antara mereka sudah pasti sulit dipenuhi.

Tidak hanya cukup dengan itu, karena pos terpadu untuk menyampaikan hal-hal penting kepada masyarakat dalam persiapan menghadapi tatanan kehidupan normal atau New Normal juga didirikan di sisi barat alun-alun. Bahkan personel yang giliran bertugas sejak malam hari, pagi-pagi selesai subuh sudah terus menerus bersiaran dengan memanfaatkan pengeras suara yang memang disediakan untuk itu.

Dari pantauan Samin News (SN) di kawasan tersebut, ternyata para pengunjung juga tidak berlaku seenaknya, termasuk berkumpul dengan tetap memperhitungkan untuk menjaga jarak. Selain itu, mereka pun dengan penuh kesadaran memakai masker, meski yang tengah berolahraga hal itu tetap sedikit ribet karena nafas yang terpacu tidak bisa bebas lepas untuk menghirup oksigen baru, dan demikian pula mereka yang berolahraga dengan bersepeda keliling alun-alun.

Penjagaan yang sama juga dilakukan oleh petugas Satpol PP, di pintu masuk halaman Stadion Joyo Kusumo Pati.(Foto:SN/aed)

Di sisi lain, personel Satpol PP yang lain juga terus berpatroli keliling alun-alun utuk mengecek langsung siapa di antara pengunjung yang tidak patuh untuk memakai masker juga diingatkan, diminta untuk segera meninggalkan atau keluar dari alun-alun. Akan tetapi jumlahnya tidaklah begitu banyak, atau jika hal itu tidak dilakukan barang kali saat berangkat mereka memang lupa memakai masker.

Di lokasi ini juga mendapat dukungan personel Satpol yang mobile, dan di dalam lingkungan halaman stadion sudah dipasang pembatas antara mereka yang hendak berolahraga atau sekadar berkumpul dan mengerumi penjual makanan. Khusus yang disebut terakhir ditempatkan di depan bangunan joglo sisi utara stadion, dan lainnya di belakang Sekretariat KPU.

Terlepas dari berbagai upaya untuk menghdapi persiapan New Normal ini, paling tidak yang perlu ditanamkan kepada masyarakat adalah kedisiplinan menjaga diri masing-masing. ”Jika berada di tempat umum terbuka harus selalu memakai masker, seharusnya semua mematui terlepas masalah penyebaran virus Corona (Covid-19) sudah berakhir atau masih berlanjut,”ujar kalangan anak muda yang masuk halaman stadion juga memakai masker, Hartadi Dian Kusuma.