Kepala DKP Pati Segera Siapkan Pengetatan di TPI Juwana

SAMIN-NEWS.com, PATI – Upaya mempersiapkan dalam menghadapi tatanan kehidupan normal di tengah pandemi tetap menyebarnya virus Corona (Covid-19) yang sama sekali tidak diketahui sampai kapan, maka secepatnya harus dilakukan. Dengan demikian, masyararakat diharapkan tidak lagi harus menawar apa prosedur protokol kesehatan yang selama ini sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Karena itu, jika pihak Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperind) Kabupaten sudah melakukan uji pendispilinan para pedagang dan pengunjung di Pasar Puri Pati, maka berikutnya akan segera menyusul Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat. Akan tetapi, objek sasarannya adalah para pedagang ikan dan siapa saja yang tiap hari keluar masuk Tempat Pelelangan Ikan (TPI), baik Unit I maupun Unit II Juwana.

Dengan demikian, kata Kepala DKP setempat, Edy Martanto, pemberlakuan dan peningkatan disiplin itu, jelas untuk menuju normlanya kondisi kehidupan di tengah pandemi Covid-19. ”Karena itu, jangan ada lagi masyarakat yang btidak memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah, agar mereka tetap dalam kondisi sehat dan dijauhkan dari merebaknya Covid-19,”tandasnya.

kondisi saat musim normal keramaian lelang ikan di TPI Unit II Juwana.

Sebab, masih kata dia, dengan kondisi tubuh yang sehat maka produktivitas kerja tentu hasilnya akan lebih maksimal, lebih-lebih jika sehatnya mereka tidak terpapar positif virus Corona. Sehingga hal itu harus dipersiapkan pelaksamaannya mulai sekarang, yaitu persiapan pengerahan personel yang harus berjaga-jaga di lingkungan TPI baik Unit I maupun II.

Pertimbangannya, karena saat kondisi sehari-hari mulai ramai oleh pelaksanaan kegiatan lelang ikan maka dipastikan akan banyak pedagang, pengurus kapal dan juga sopir kendaraan pengangkut yang berkumpul. Untuk itu siapa punĀ  yang memasuki lingkungan TPI selain dicek suhu badannya juga harus memakai masker, dan kepatuhan ini tak bisa ditawar lagi.

Mengingat hal tersebut, maka pihaknya akan mengupayakan tersedianya tenda untuk para personel petugas yang sehari-hari secara bergilir harus melaksanakan tugas tersebut. ”Sedangkan kapan dimulainya pelaksanaan pengawasan di lingkungan TPI Juwana, kami harus melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait,”ujarnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Dipertanyakan Mekanisme Syarat ABK yang Akan Berlayar
Next post Tak Tahu Informasi Penutupan Waduk Gembong, Warga Trangkil dan Semarang Putar Balik
Social profiles