Dipertanyakan Mekanisme Syarat ABK yang Akan Berlayar

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sejumlah pihak kini menanyakan prosedur protokol kesehatan bagi para anak buah kapal (ABK) penangkap ikan yang saat ini hendak kembali melaut, menyusul setelah hampir satu bulan mereka berada di darat untuk ber-Lebaran dan berkumpul dengan keluarga. Itu artinya, selama berada di daratan mereka tentu lebih banyak bergaul dengan siapa saja, ditengah pandemi merebaknya virus Corona (Covid-19).

Dengan demikian, ketika mereka harus kembali berangkat melaut apakah harus ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, utamanya berkait dengan protokol kesehatan di tengah pandemi. Sebab, mereka saat berada di kapal penangkap ikan tentu banyak berkumpul dengan para ABK dan kru kapal lainnya, sehingga antara satu dan lainnya tidak saling mengetahui.

Maksudnya, apakah saat mereka berada didaratan bergaul dengan orang-orang yang sehat atau orang yang terbebas dari penularan Covid-19. ”Atau bahkan mereka bergaul dengan orang yang terpapar virus tersebut, karena sekarang ini juga banyak diketahui ada orang tanpa gejala (OTG) tapi tahu-tahu terpapar virus itu,”ujar salah seorang pemerhati sosial kemasyarakatan dari Pati, Nugraheni.

Karena itu, katanya lagi, sudah semestinya jika dia mempertanyakan prosedur ptrotokol kesehatan untuk para ABK atau kru kapal lainnya yang hendak melaut di tengah masih merebaknya situasi pandemi Covid-19. Saat mereka kembali dari melaut menuju ke darat, kondisinya memang sehat tapi selama didarat bergaul dengan siapa saja tentu harus menjadi perhatian bersama.

”Jangan-jangan setelah berada di laut ada di antara mereka terpapar positif Covid-19 yang dibawa dariĀ  darat, hal itu sama saja orang satu kapal menghadapi ancaman serangan Corona,”tandas Nugraheni.

Terpisah Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai (KPP) Juwana, Chamad menegaskan pihaknya sudah melakukan langkah-langkah sesuai prosedur protokol kesehatan bagi para ABK atau siapa saja yang hendak melaut dengan mengharuskan pemilik kapal mendaftarkan. ”Satu per satu mereka didata, diambil gambarnya, dan untuk mengetahui kondisinya kami juga cek satu per satu suhu badannya,”paparnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Persiapan Pembangunan Lapangan Rumput Stadion Joyo Kusumo Pati
Next post Kepala DKP Pati Segera Siapkan Pengetatan di TPI Juwana
Social profiles