Jaringan Listrik dan Ruas Jalan di Lingkungan Kolam Tambat Kapal Mulai Dikerjakan

Tiang jaringan kabel listrik sudah dipasang di pinggir jalan menuju ke lolam tambat kapal, di kawasan Pulau Seprapat Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Pati.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak sebelas titik tiang untuk kabel jaringan listrik PLN kini sudah terpasang di sepanjang pinggir ruas jalan menuju kawasan kolam tambat kapal, di lingkungan Pulau Seprapat, Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Pati. Dengan demikian, jika jaringan kabel untuk penyaluran daya listrik itu bisa segera terpasang maka paling tidak lampu untuk penerangan jalan umum (PJU) bisa mengikuti.

Dengan demikian, penyaluran daya untuk PJU tersebut nanti akan menjadi kewenangan pemerintah kabupaten (pemkab) setempat, tapi pemasangan tiang maupun kabel jaringan adalah PLN. Akan tetapi pengadaannya adalah menjadi bagian dari kelengkapan proyek kolam tambat kapal, sehingga untuk tahap awal pekerjaan yang dilakukan adalah pemasangan tiang untuk kabel jaringannya tentu akan segera menyusul.

Pelaksana lapangan rekanan kerja sama operasional (KSO) PT Aneka Tata Sarana Pati, Ahmad ketika ditanya berkait hal tersebut membenarkan. ”Saat ini semua sub-pekerjaan sudah harus dilaksanakan selain pemasangan sheet pile adalah penataan urukan/pemadatan, dan berikutnya dimulai pula pemasangan tiang untuk jaringan kabel listrik,”ujarnya.

Lokasi untuk ruas jalan di lingkungan kolam tambat kapal juga sudah mulai dipersiapkan.(Foto:SN/aed)

Untuk paket pekerjaan yang disebut terakhir, katanya lagi, dimulai dari pinggir jalan sekitar lokasi SPBU sehingga jaraknya sampai di lokasi kawasan kolam tambat kapal panjangnya mencapai 500 meter lebih. Dengan demikian, tiang kabel jaringan yang harus dipasang seluruhnya berjumlah 11 batang, sehingga agar pada malam hari kondisi ruas jalan tersebut tidak gelap maka pemasangan lampu PJU harus dilakukan.

Khusus pemasangan PJU sudah pasti jika kabel jaringan sudah terpasang, dan hal tersebut meskipun pengadaannya menjadi bagian dari paket pekerjaan tapi yang mengerjakan tetap pihak PLN. Sedangkan tahapan pakerjaan lain yang juga sudah dipersiapkan adalah pembuatan konstruksi jalan di lingkungan lokasi tersebut, yaitu mencakup dua ruas masing-masing panjang 450 meter.

Senin (15/6 ) pekan depan, pelaksanaan pemadatannya dengan tanah uruk yang disyaratkan  juga  sudah mulai dikerjakan. ”Karena itu, dalam pelaksanaannya akan mulai berlangsung efektif pekan depan sambil menunggu pemadatan dengan tanah uruk jenis padas untuk landasan dasarnya,”imbuh dia.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Personel Setwan Ramai-ramai Jaga Imunitas Tubuh
Next post Dampak Pandemi, PAD Kabupaten Pati Turun 80 Miliar Lebih
Social profiles