Inovasi Penggemukan Sapi BumDes Margotuhu Kidul

SAMIN-NEWS.com, PATI – Keberdaan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) semestinya mampu menjadi motor penggerak geliat perekonomian di masing-masing desa. Untuk itu, BumDes sudah seharusnya terus digenjot dalam hal berinovasi untuk menjadi pendorong potensi masyarakat desa.

Seperti halnya dengan BumDes milik Desa Margotuhu Kidul, Kecamatan Maroyoso, Kabupaten Pati yang diberi nama Usaha Jaya Farm. BumDes yang bergerak dibidang penggemukan sapi tersebut terus berinovasi dalam mengembangkan bidangnya.

Kepala Desa Margotuhu Kiduol, Bambang Hendro Pupito menyebut bahwa dalam proses penggemukan sapi, pihaknya tidak menggunakan metode konvensional. Yakni menggunakan pakan compiled feed yang difermentasi.

“Kami memilih menggunakan compiled feed yang difermentasi sebagai pakan, karena hal tersebut terbukti lebih unggul dari pada memberi pakan seperti biasa,” tutur Bambang saat dikonfirmasi, Jumat (19/6/2020).

Ia menambahkan bahwa ada beberapa keunggulan yang menonjol dari penggunaan compiled feed yang difermentasi. Kotoran dan kencing sapi tidak bau, sapi lebih cepat gemuk, serta pakan bisa disimpan sampai satu tahun jika disimpan ditempat yang kedap udara.

Sementara itu, ia juga menjelaskan bahwa pihaknya tidak segan-segan untuk terjun langsung memberi pengarahan pada yang petugas yang biasa merawat sapi. “Kalau saya memang biasa terjun memberi pengarahan, mulai dari pembuatan kandang hingga penyusunan ransum sapi,” pungkasnya.

About Post Author

Sigit Pamungkas

Previous post Progres Pekerjaan Kolam Tambat Kapal Merambat Naik
Next post Hari Bhayangkara, Polres Pati Bagikan 300 Kilogram Beras
Social profiles