Hari Ini Pembuatan Los Darurat di Pasar Porda Juwana Selesai

SAMIN-NEWS.com, PATI – Selasa (9/6) hari ini, para pedagang di Pasar Porda Juwana sedikit merasa lega, karena dua los dan kios tempat mereka berjualan beberapa waktu lalu musnah terbakar. Sebagai gantinya pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, kini selesai menyiapkan los pengganti dan sudah siap ditempati.

Akan tetapi untuk keperluan itu, para pedagang yang bersangkutan terlebih dahulu harus menyiapkan kios darurat yang ditempatkan di dalam los. Kios tersebut bisa dari bahan kayu maupun bambu, dan jika untuk berjualan dipastikan tidak akan kehujanan karena kios tersebut berada di dalam los, tapi untuk menempatkan barang dagangannya kios itu sangat mereka butuhkan.

Hal tersebut dibenarkan pihak ketiga yang harus mengerjakan pembuatan los pasar darurat itu, Danu Irianto, bahwa pembuatannya sudah selesai. ”Bagi yang sudah menyiapkan kios tentu besok pagi sudah bisa memulai penjualan di bekas los yang terbakar,”ujarnya.

Karena itu, katanya lagi, bagi yang belum mempersiapkan pembuatan kios sudah pasti belum bisa berjualan, dan faktor penyebabnya bisa saja karena memang belum siap. Kendati demikian, sudah pasti kaveling untuk kios mereka tetap seperti sebelumnya atau di tempat semula, sehingga kapan saja bisa ditempati jika kiosnya sudah jadi.

Bagi yang hendak membuat kios sementara dengan kondisi los yang sudah selesai justru lebih mudah dalam menentukan ketinggian tiang atau dinding kios. Sebab, pembuatan atapnya memang sengaja dibuat tidak terlalu tinggi, asal kios darurat bisa masuk di dalamnya, dan lantainya juga bisa buatkan alas dari kayu atau menggunakan lantai lama.

Jika yang digunakan adalah lantai sebelumnya maka tinggal membersihkan, karena lantai lama tentu bekas tertutup reruntuhan material maupun barang dagangan yang terbakar. ”Akan tetapi jika dibersihkan secara maksimal tentu akan kembali bersih meskipun tidak bisa kembali seperti semula, dan paling tidak bisa menghemat biaya,”imbuh Danu menyarankan.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Hasil Rapid Test, Satu Pedagang Pasar Sleko Pati Reaktif
Next post Kodim Pati Laksanakan Latihan Menembak Laras Panjang di Lapangan Sirwondo
Social profiles