Hari ini, 100 Penghuni Lorong Indah Jalani Test Virus HIV

    0
    423
    Pengetesan virus HIV di lingkungan lorong indah oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pati.

    PATI – Sebagaimana menjaga kesehatan tubuh merupakan langkah yang wajib kita tempuh dalam upaya memastikan benar-benar bebas dari bakteri maupun virus jahat di dalam tubuh kita. Oleh karena itu, dengan cecking imun terhadap tubuh adalah sarana penunjang mengetahui apakah pada tubuh terdapat virus.

    Bukan hanya virus influenza, tapi juga virus HIV yang jika lebih parah bisa mengidap penyakit AIDS. Oleh karena itu, pada hari Jumat (19/6) hari ini di kawasan Lorong Indah dilaksanakan test virus HIV, tepatnya di sebelah lorong II oleh Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) yang menegaskan Puskesmas Jaken sebagai pelaksana kegiatan tersebut.

    “Bukan kali ini saja kita mengadakan test HIV. Sebelumnya juga sudah dilakukan hal serupa pada bulan Februari yang lalu,” kata salah seorang petugas DKK Nini saat dikonfirmasi Saminnews sore tadi.

    Jumlahnya sendiri, yang dilakukan pengetesan sebanyak 100 orang yang disediakan oleh pengelo setempat. Meskipun begitu, sebenarnya dalam kapasitas jumlah peserta, semakin banyak yang ikut semakin baik. Pasalnya, bisa kita ketahui apakah si A bersih atau sebaliknya terpapar virus HIV, tambah Nini.

    Berdasarkan pantauan tim awak media Saminnews di lapangan, warga LI lorong II antusias dengan menyambut baik terkait test oleh DKK ini. Pasalnya, baik perempuan maupun laki-laki bersedia untuk ditest. Meski ada juga satu-dua penghuni tersebut yang takut melihat jarum suntik. Akan tetapi, ketika sudah masuk nomor antrean gilirannya, pihaknya pun juga bersedia.

    Hal serupa juga dikatakan oleh ketua RT setempat Mastur, pihaknya menyebut bahwa kegiatan bermanfaat bagi para penghuni warga sekitar. Dengan begitu, bisa diketahui apakah yang bersangkutan bersih dari virus, dan memang harapannya seperti itu.

    “Sudah sering di sini dilakukan seperti ini (test HIV), karena juga memastikan dan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh warga. Misal, ada yang terindikasi, secara lebih lanjut bisa dilakukan perawatan yang intensif oleh pihak yang berkompeten,” tutupnya.