Finishing Pemasangan Sheet Pile Kolam Tambat Kapal Mulai Dikerjakan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemancangan material sheet pile yang sudah mendekati 50 persen dari panjang keseluruhan penguat dinding kolam tambat kapal, maka untuk finishing pekerjaan berikutnya adalah pemasangan balok bentang kepala sheet pile (camping beam) tersebut. Karena itu sejumlah pekerja mulai dikonsentrasikan untuk menangani pekerjaan itu yang dimulai dari bagian ujung di sisi selatan.

Tepatnya, sheet pile baru yang menyambung dengan sheet pile lama Pulau Seprapat di Desa Bendar, Kecamatan Juwana, karena lokasi pekerjaan kolam tambat kapal itu adalah di sekitar kawasan pulau tersebut. Sehingga sesuai tahapan jadwal pekerjaan itu harus dimulai dari sekarang mengingat camping beam yang harus dikerjakan scara keseluruhan tersebut cukup panjang, yaitu mencapai sekitar 700 meter lebih.

Dengan demikian, kata Site Manager rekanan pemenang tender untuk kerja sama operasional (KSO) PT Aneka Tata Laksana Pati, Amin, bagian dari pekerjaan itu tak bisa ditunda-tunda pelaksanaannya setelah pihak pengawas juga memberikan persetujuan pemasangannya. ”Lagi pula pembuatan bagian kepala balon bentang untuk sheet pile itu juga harus menyesuaikan kondisi di lapang, mengingat bagian konstriuksi itu adalah menggunakan meterial beton,”ujarnya.

Mengingat hal tersebut, katanya kebih lanjut, maka yang menyita banyak waktu adalah pembuatan pencetaknya. Sebab, hal itu harus mengikuti arah bagian atas sheet pile sehingga sudah pasti tidak semua sheet pile dalam kondisi sejajar dan lurus, dan pencetaknya dari kayu harus menyesuaikan, maka untuk pekerjaan ini sudah barag tentu membutuhkan waktu tersendiri.

Kendati pemasangan balok bentang tersebut cukup panjang, tapi hal itu tidak banyak kendala yang dihadapi para pekerja yang menanganinya karena lokasi pekerjaan semua sudah diupayakan maksimal untuk bergeraknya alat-alat berat, termasuk untuk keluar masuknya kendaraan pengangkut material beton. Karena itu pengecoran bagian konstruksi itu akan dilaksnakan, minimal per jarak 100 meter dari panjang sheet pile.

Atau minimal pihaknya harus menyesuaikan dengan pekerjaan pembuatan pencetaknya, karena kalau panjang pengecoran beton dilakukan tiap 100 meter hal itu sama saja tiap sepuluh batang sheet pile. ”Sebab, lebar material tersebut sesuai ukuran dari pabrikan tiap-tiap batang adalah 1 meter, tapi untuk keperluan itu sewaktu-waktu bisa berubah menyesuaikan kondisi di lapangan, karena semisal mendadak turun hujan, maka pengecoran harus berhenti,”imbuhnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 9 Juni 2020
Next post Kades Ngemplak Kidul sebut Masyarakat Kurang Informasi Lantaran tak Mau Tanya pada Pemdes
Social profiles