76 Peserta di Pasar Desa Tlogowungu Ikuti Rapid Test Covid-19

0
57
Pelaksanaan rapid tes kepada pendagang dan pengunjung Pasar Tlogowungu.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Upaya pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati dalam menangkis penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) terus digencarkan. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGPP) ingin memastikan dan menyiapkan protokoler kesehatan dalam menghadapi era new normal.

Misalnya dengan melakukan desentralisasi atau pemerataan rapid test di berbagai pasar tradisional di Kabupaten Pati. Karena, di tempat pasar tradisional merupakan salah satu tempat berinteraksi kerumunan massa terhadap fungsi ruang publik yang beresiko dan rentan akan penyebaran virus tersebut.

Dengan begitu, seperti baru saja yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengatasi penyebaran Covid-19 dengan upaya rapid test di pasar Tlogowungu, Rabu (24/6) tadi pagi. Rapid test itu, ditujukan bagi para pedagang pasar maupun pengunjung di lingkungan pasar setempat.

“Dimulai tadi sekitar pukul 09.00, dengan maksud untuk rapid test pedagang maupun pengunjung. Hal ini untuk mendeteksi warga apakah terpapar. Dan sesuai jadwalnya beberapa pasar, hari-hari yang kemarin juga diadakan rapid test serupa,” kata seorang pengelola Pasar Tlogowungu Arif, Rabu (24/6/2020).

Selain itu, pada tempat yang ramai lalu-lalang dari orang-orang berbagai latar belakang, dari asal tempat tinggal maupun riwayat bepergian dari mana saja. Hal ini yang menjadikan kekhawatiran publik, khususnya pemerintah berkait dengan imunitas individual di tengah masa pandemi sekarang ini.

Dalam rapid test kali ini, sebanyak 80 undangan disebarkan oleh pihak berwenang kepada peserta yang selanjutnya untuk dilakukan rapid. Namun, peserta undangan ini tidak penuh, masih ada beberapa orang yang belum ikut rapid. “Undangan kita sebanyak 80 orang untuk ikut rapid, tapi hingga selesai waktunya ini, hanya 76 orang yang ikut rapid test tersebut,” tambah dia.

Sebelumnya, kegiatan serupa juga dilakukan disejumlah pasar tradisional di Pati. Terkait pasar yang sudah melaksanakan jadwal rapid itu, setidaknya sudah ada dari pasar Desa Gabus, pasar Desa Sukolilo, Pasar Desa Tambaharjo, serta di Pasar Ngemplak Margoyoso.