24 Orang Positif Covid-19, Hari Ini Jepara Kian Merah

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Hari ini atau Selasa (2/6) sore tadi Juru Bicara GTPP Covid-19 Jepara, dr M Fakhrudin mengumumkan bahwa 6 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka merupakan bagian dari Kluster 08 atau K (46), warga Teluk Wetan, Kecamatan Welahan yang baru saja meninggal pagi tadi.

Sejak 4 hari lalu oleh Kemenkes juga diumumkan Jepara sebagai daerah transmisi lokal, dan dikenal sebagai zona merah. Dengan demikian, kondisinya saat ini justru kian merah sehingga peningkatan kewaspadaan tak bisa diabaikan.

Karena itu lebih jauh Fakhrudin menyatakan, 6 orang yang terkonfirmasi Covid-19 ini merupakan istri, adik dan 4 orang anak pasien yang meninggal. ”Saat ini mereka masih diminta menjalani karantina mandiri karena masih dalam status Orang Tanpa Gejala (OTG). Mereka berenam masuk dalam daftar  pelacakan kontak erat dengan K pekan lalu,”ujarnya.

Dijelaskan, saat ini Camat beserta Daramil, Kapolsek serta tim kecamatan serta desa sudah melakukan langkah-langkah penanganan. Di antaranya adalah merencanakan penutupan di wilayah pemukiman sekitar rumah pasien positif.

Semua masyarakat di sekitar lokasi kejadian akan diminta melakukan aktifitas di rumah masing-masing, atau melakukan swakarantina. ”Pimpinan Kecamatan dengan Satgas Kecamatan dan desa masih merumuskan untuk kebutuhan-kebutuhan penutupan wilayah tersebut. Terutama berkait masalah kebutuhan logistik dan yang lainnya,”paparnya.

Sedangkan untuk melakukan skrening terhadap warga, besok pagi akan dilakukan Rapid Test terhadap 200 warga yang ada di sekitar permukiman pasien tersebut. Selain itu juga akan dilanjutkan tracing untuk mencari kontak erat dengan 6 orang pasien baru yang terkonfimasi positif Covid-19.

Pagi tadu juga sudah diumumkan dua orang pasien  yang terkonfirnasi positif Covid. Mereka adalah S berusia 50 tahun dari Kecamatan Nalumsari yang memiliki riwayat kontak erat dengan anaknya yang baru pulang dari Jakarta. Sedangkan pasien kedua yang diumumkan pagi tadi, adalah Ny S umur 49 tahun asal Kedung.

Pasien yang bersangkutan ini berjualan di Pasar Jepara Satu dan Pasar Karangaji. ”Dengan demikian jumlah pasien Covid-19 Jepara sampai saat ini adalah 24 kasus, dan dari jumlah tersebut 4 orang di antaranya sembuh, 2 meninggal, dan sisanya sebanyak 18 orang sampai saat ini masih dalam perawatan dan pengawasan,”imbuhnya.(had)

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 2 Juni 2020
Next post Pemakaman dengan Prosedur Protokol Covid-19 Dilakukan Polres Pati
Social profiles