169 KPM di Alasdowo Mendapat BLT-DD

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak 169 warga Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti, Pati memperoleh Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) yang diambilkan dari Dana Desa. Bantuan yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 ini disalurkan di Balaidesa setempat.

Kepala Desa Alasdowo melalui Ketua BPD Solihin mengaku menyalurkan 169 keluarga penerima manfaat (KPM). Sejumlah peserta itu diambilkan dari warga yang sesuai kriteria dari pemerintah itu dalam rangka membantu masyarakat di tengah pandemi Corona Virus Disease.

“Rata-rata tiap lingkungan atau RT diambilkan 5 peserta KPM. Akan tetapi, ada juga yang lebih dari pada itu, tinggal berapa warga yang miskin yang harus diprioritaskan untuk dibantu,” katanya, Senin (8/6/2020) kemarin.

Pihaknya mengatakan, warga yang mendapatkan bantuan ini menerima uang tunai senilai 600 ribu rupiah per peserta. Dengan mengambilnya dengan membawa sarat bukti Kartu KK.

Dalam anggarannya untuk realisasi penyaluran BLT DD tahun anggaran 2020 ini disebut ada lebih dari 305 juta rupiah. “Tidak menutup kemungkinan tiap RT ada yang lebih dari 5, ada yang sampai 8 KPM. Anggarannya sendiri 30 % dari total DD. Yang jika ditotal 305 juta sekian,” imbuhnya.

Ketika proses penyaluran BLT DD di Balaidesa tersebut, sebelumnya masyarakat disosialisasukan agar mentaati protokoler kesehatan. Dengan membawa dan memakai masker pada sadar pengambilan.

“Sebelumnya sudah saya sosialisasi agar warga memakai masker. Dan tadi juga saya berikan puluhan masker agar segera dipakai yang bersangkutan. Kemudian juga di antisipasi agar tidak berkerumun. Perihal masih berkerumun itu saking banyaknya warga yang agak sulit diatur, ” tutur Solihin.

Disaat pandemi Covid-19 ini, masyarakat diimbau agar tidak berkerumun dalam lokasi yang sama. Hal ini guna mengantisipasi dan menekan penyebaran laju penyebaran virus agar tidak lebih luas di masyarakat. Protokoler kesehatan sangat dianjurkan, yang dimulai dari pakai masker, physical distancing serta menjaga kebersihan dengan mencuci tangan pakai sabun.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Kontrak Pembangunan Lapangan Rumput Stadion Joyo Kusumo dengan 200 Hari Kalender
Next post Negara Butuh Donasi, Rapid Test Berbayarlah Solusinya
Social profiles