Sebab Corona, Variabel IKU tak Bisa Digunakan Tolok Ukur oleh Instansi

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati saat ini tak banyak bisa bergerak dengan rangkaian program yang telah ditetapkan. Penetapan bersama dengan dewan terhadap penjaringan apa yang yang menjadi keluh kesah oleh masyarakat berkaitan dengan penjagaan lingkungan.

“ya saat ini tak bisa berbuat banyak yang dilakukan dengan program tertentu dari penjaringan bersama dewan. Terlebih sekarang terganggu akibat virus corona,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Purwadi kepada Saminnews saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/5/2020).

Terganggunya aktivitas di lingkungan dinas menurutnya tak hanya yang dialami oleh DLH. Akan tetapi, mungkin semuanya merasakan hal tersebut. Yang menjadikan faktor tertunda bahkan bisa saja suatu kegiatan yang telah direncanakan dihapus dicoret.

Penghapusan kegiatan itu, kata Purwadi, karena dari anggaran sendiri tak ada. Sebagian anggaran masuk dalam refocusing perubahan anggaran. Akhirnya, lebih baik untuk digunakan dalam penanggulangan covid-19 di wilayah Pati. “refocusing anggaran dari DLH sebanyak 35 persen dari jumlah keseluruhan,” tambah dia.

Akan tetapi, dengan alokasi 35 persen dari DLH itu pihaknya hanya diminta oleh Pemerintah Kabupaten Pati yang dalam hal ini Bupati sekaligus ketua Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 untuk melakukan penyisihan (refocusing). Jadi, secara detail kegunaan dibelanjakan untuk apa tak tahu banyak. Yang terpenting digunakan dalam menanggulangi covid-19 agar laju penyebaran tak lebih luas lagi.

Lebih lanjut, dampak Corona yang sedemikian luasnya ini diharapkan bisa segera hilang khususnya di Pati dan umumnya semuanya di Indonesia. Dengan begitu, bisa maksimal menjalankan program kerja yang direncanakan. “program yang telah direncanakan terdampak terkait adanya covid-19. Jadi variabel IKU tak bisa dilakukan,” tandasnya.

Indikator kinerja atau indikator kinerja utama (IKU) atau ukuran kinerja terpilih adalah metrik finansial ataupun non-finansial yang digunakan untuk membantu suatu organisasi menentukan dan mengukur kemajuan terhadap sasaran organisasi.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Pembuatan Kios Darurat Untuk Pedagang Pasar Porda Dimulai Pekan Depan
Next post Pekan Depan, THR sudah Dicairkan oleh Perusahaan
Social profiles