Pemasangan Geotekstil Mulai Dilakukan di Lokasi Pekerjaan Kolam Tambat Kapal

Lembaran dari rol geotekstil Kamis (7/5) hari ini mulai dipasang di dasar tanah untuk tanggul di belakang dinding kolam tambat kapal.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Setelah barang pabrikan berupa geotekstil dikirim pihak penerima order ke lokasi proyek pembangunan kolam tambat kapal, di kawasan Pulau Seprapat Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Pati, maka Kamis (7/5) hari ini material tersebut langsung dipasang. Dengan demikian tidak ada material yang menumpuk di lokasi pekerjaan, kecuali material sheet pile.

Sebab, material pabrik tersebut yang terpasang baru khusus untuk menyambung sheet pile di Pulau Seprapat yang panjangnya hanya 60 meter hingga ke dinding kolam tambat kapal. Akan tetapi sheet pile untuk dinding kolam tambat kapal sampai hari ini memang belum bisa dikerjakan, karena harus menunggu sampai selesainya pembuatan tanggul sekaligus sebagai jalan.

Di bawah konstruksi tersebut, kata Site Manajer rekanan penyedia jasa Kerja Sama Operasional (KSO) PT Aneka Tata Sarana Pati, Amin, harus dilapisi geotekstil karena tanah di bawahnya masih genbur. ”Jika tanggul tersebut sudah bisa difungsikan untuk bergeraknya alat berat pemancang dan pemukul sheet pile, maka material pabrikan itu tentu akan segera dipasang,”ujarnya.

Dengan kata lain, lanjut dia, sheet pile untuk dinding kolam tambat kapal paling baru bisa dikerjakan  paling lambat mulai  Sabtu (9/5) karena masih menunggu pemadatan tanggul yang terpasang geotekstil baru ditutup dengan urukan tanah. Karena itu upaya pemadatannya agar lebih maksimal, akan dilanjutkan hingga Jumat (8/5) besok sehingga sehari berikutnya sudah bisa digunakan untuk bergeraknya alat berat pemancang dan pemukul.

Untuk melakukan pemadatan itu, untuk saat ini selain menggunakan alat berat jenis ekskavatir juga boldoser. Sebab, yang penting tanggul itu bisa dilewati alat berat untuk pemancang dan pemukul tidak ambles, sehingga pemasangan sheet pile di lokasi kolam tambat sudah bisa dilakukan, tapi hari ini masih melanjutkan penyelesaian penyambungan dengan sheet pile lama di Pulau Seprapat.

Mengingat material jenis itu belum bisa terpasang secara maksimal, maka di lokasi pekerjaan terkesan banyak sheet pile, karena kemarin juga baru selesai dibongkar lima rit baru datang. ”Karena itu jumlah sheet pile yang dikirim pihak pabrikan ke lokasi pekerjaan jumlah seluruhnya sudah 310 batang,”papar Amin.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Ceceran Tanah dan Rambu Belum Terpasang di Lokasi Pengurukan
Next post UD Ega Jaya Mulai Kemas Beras untuk Zakat dan Bingkisan
Social profiles