Pekerjaan Pembangunan Rumput Stadion Joyokusomo dengan Sistem KSO

SAMIN-NEWS.com, PATI – Paket pekerjaan pembangunan lapangan rumput Stadion Joyo Kusumo Pati menggunakan sistem Kerja Sama Operasional  (KSO) antara rekanan penyedia barang/jasa pemenang tender, yaitu PT Cipta Prima Selaras Malang, Jawa Timur dengan PT Hoetama Karya Gemilang Pati. Kendati semula paket pekerjaan lain untuk lintasan atletik juga ditenderkan, tapi akhirnya dibatalkan.

Hal tersebut mengingat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati sebagai pihak pengguna jasa tidak mampu membiayai paket pekerjaan itu, karena harus lebih mengutamakan penanganan virus Corona (Covid-19). Dengan demikian akhirnya yang dibangun hanya lapangan rumput stadion karena  anggarannya sebesar 8.7  miliar rupiah seseuai penawaran rekanan pemenang bisa disediakan dan yang   9  miliar rupiah untuk lintasan atletik sebaliknya.

Karena itu, kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) paket proyek yang tersebut, Arif Wahyudi yang juga Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati akhirnya lintasan atletik tidak dikerjakan, dan itu akan diatur dalam kobtrak yang harus ditandatangani keduabelah pihak. ”Sampai saat ini penandatangan kontrak belum dilaksankan, karena untu itu syaratnya rekanan terlebuh dahulu harus mengurus jaminan bank,”ujarnya.

Saat ini, katanya lagi, pihaknya baru menyiapkan Surat Penunjukan Penyedia Barang/Jasa (SPPBJ) untuk rekanan yang ditetapkan sebagai pemenang tender. Hal tersebut menunjukan bahwa pihaknya selaku PPK setuju dengan ditetapkannya rekanan pemenang tersebut, sehingga yang bersangkutan bisa segera mengurus jaminan bank.

Jika hal itu sudah tuntas, maka penandatangan kontrak akan segera menyusul di mana meskipun dalam tender yang dimenanangkan rekanan itu ada dua paket pekerjaan sesuai penawaran sebesar   17,7  miliar rupiah, tapi Pemkab hanya mampu membiayai /membayar yang sebesar   8,7  miliar rupiah. Anggaran sebesar itu adalah untuk paket pekerjaan pembangunan lapangan rumput stadion.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Pemerintah Harus Fasilitasi Sarpras Pesantren dalam Penerapan New Normal
Next post Kapal Penangkap Ikan Sotong Bongkar Sisa Muatan
Social profiles