Pekerjaan di Proyek Kolam Tambat Kapal Efektif Mulai Besok

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pelaksanaan pekerjaan di lokasi proyek kolam tambat kapal di kawasan Pulau Seprapat Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Pati mulai kembali efektif, Rabu (27/5) besok. Dengan demikian, hingga Selasa (26/5) kemarin belum ada kegiatan pelaksanaan pekerjaan, dan bahkan sejumlah operator alat berat crane untuk memancangkan sheet pile sudah libur sejak Rabu (20/5) lalu, sehingga hari ini diharapkan sudah tiba di lokasi proyek.

Dengan demikian, kata Site Manajer rekanan penyedia jasa hasil kerja sama ooperasional (KSO) PT Aneka Tata Sarana Pati, Amin, besok pagi pelaksanaan persiapan pekerjaan pemancangan sheet pile di lapangan bisa dimulai. Sedangkan terakhir sebelum operator alat berat libur LebaranĀ  sheet pile yang sudah berhasil dipancangkan sebanyak 250 batang.

Pekerjaan terakhir yang ditinggalkan para pekerja karena libur Lebaran adalah mengumpulkan endapan tanah basah untuk dipindahkan masuk ke lokasi bekas lahan tambak yang masih berair.

Sedangkan sisa material tersebutĀ  jika dimanfaatkan untuk melanjutkan pekerjaan pemasangan dinding kolam tambat kapal masih bisa berlanjut sampai beberapa hari. ”Karena itu, jika sisa sheet pile yang ada dipancangkan sudah pasti kekurangan material pabrikan tersebut akan dikirim lagi ke lokasi,”ujarnya.

Menjawab pertanyaan, Amin menambahkan, untuk pelaksanaan pekerjaan sepekan sebelum Lebaran memang diakui tidaklah begitu maksimal. Sehingga berdasarkan progres hari kalender dalam sepekan tidak sesuai target maka upaya untuk memenuhinya akan dilakukan mulai pekan ini, atau paling tidak pekan depan.

Hal tersebut tidak akan menyita banyak haru kalender, karena pelaksanaan pekerjaan akan berlangsung hingga September mendatang. Sedangkan saat ini baru memasuki akhir bulan Mei maka masih akan tersisa banyak hari kalender, atau maksimal masih ada paling tidak 120 hari kalender, dan pekan lalu progres yang dicapai sudah 40 persen.

Karena itu kekurangannya bisa tertutup di hari-hari kalender berikutnya, atau paling tidak hingga akhir Mei nanti capaian progres sudah 45 persen. ”Untuk pekerjaan yang akan kembali maksimal, selain pemancangan sheet pile adalah pemindahan tanah untuk urugan yang masih basah dengan menggantinya tanah urukan baru, dan sisanya ada pembuatan saluran pembuang serta akses ruas jalan di lingkungan kolam tambat kapal,”imbuhnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Direktur Operasional KIW Ahmad Fauzie Nur: Kawasan Industri Brebes, Proyek Merah Putih
Next post Menunggu Kepastian Kapan dimulainya Pembangunan Alun-alun Jakenan
Social profiles