Menunggu Kepastian Kapan dimulainya Pembangunan Alun-alun Jakenan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Antara dibatalkan atau tetap dilanjutkan untuk rencana pembangunan Alun-alun Jakenan, Pati sampai saat ini memang belum ada kepastian, Sebab, hal tersebut masih akan ditunggu hingga bulan Juni mendatang yang notabene tinggal sekitar sepekan lagi putusan itu akan menjadi jelas sebagaimana disampaikan Sekda Pati, Ir Suharyono MM.

Hal itu menyusul diberlakukannya rasionalisasi anggaran di Tahun 2020 berkait dengan munculnya dampak pandemi virus Corona (Covid-19), sehigga upaya penangan masalah tersebut memang harus didahuukan. Sehingga alokasi anggaran yang harus dirasionalisasi, satu di antaranya disebut-sebut untuk pembangunan Alun-alun Jakenan.

Dengan demikian, kata Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Patu, H Noor Azid, pihaknya lebih baik menunggu informasi lebih lanjut dari atasan. ”Masalahnya, waktu itu kami terlanjur menyampaikan rencana pembangunan Alun-alun Jakenan dibatalkan menyusul rasionalisasi anggaran akibat merebaknya Covid-19,”ujarnya.

Lokasi akan dibangunnya Alun-alun Jakenan, selain tepat berada di depan Masjid Besar setempat di sisi barat, untuk sisi selatan adalah Kantor Kecamatan Jakenan.

Akan tetapi, katanya lagi, pembatalan pembangunan fasilitas umum tersebut belum dipastikan atau masih terbuka kemungkinan untuk tetap dilanjutkan. Jika informasi itu valid, maka pihaknya juga sudah menyiapkan perencanaan pembangunan alun-alun itu yang pagu anggarannya mencapai 2,4 miliar rupiah.

Maksudnya, untuk perencanaan semua sudah melalui perbaikan sebelum masuk ke pihak PBJ untuk ditenderkan, sehingga semuanya memang benar-benar sudah siap. Akan tetapi sebaliknya, jika rencana itu dibatalkan, maka sudah pasti pembangunan fasilitas umum di Jakenan itu memang tak jadi dilanjutkan.

Untuk kesiapan lain, pihaknya juga mendapat jawaban dari hasil pendekatan kepada salah seorang warga pemilik rumah dan tanah yang terkena lokasi bangunan tersebut. ”Semua sudah siap dan tidak terkendala, sehingga kapan pun jika paket pekerjaan itu harus ditenderkan maka semua benar-benar sudah siap,”tandasnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Pekerjaan di Proyek Kolam Tambat Kapal Efektif Mulai Besok
Next post Diskomifo Pati, Apel Pagi dan Halal Bihalal Idul Fitri 1441 H
Social profiles