Desa Karangsari Tetapkan Calon Keluarga Penerima Manfaat

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hari Rabu (27/5) kemarin, Pemerintah Desa Karangsari, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati menggelar Musyawarah Desa (Musdes) dalam penetapan calon keluarga penerima manfaat bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD). Dengan melibatkan semua lembaga desa.

“Semua unsur lembaga desa dilibatkan, hingga pendamping desa juga diundang dalam acara tersebut,” ujar Kasi Pembangunan desa Ali Mahmudi di Balai desa kepada Saminnews, Kamis (28/5/2020).

Musdes untuk penetapan calon penerima manfaat BLT DD itu, kata Mahmudi, yang dilaksanakan pada hari Rabu kemarin sudah yang kedua kalinya. Dan sebelumnya sudah dilaksanakan Musdes tahap I. Karena dibutuhkan sasaran BLT DD yang tepat sasaran. Hingga tak timbul kecemburuan sosial.

Dengan begitu, dalam rapat Musdes yang kedua kali itu merupakan rapat penetaman yang kemudian diusulkan kepada Pemerintah Kabupaten. Hingga dana bisa segera disalurkan kepada yang berhak menerima dengan mengacu data laporan yang sudah di laporkan itu sendiri, tambah Mahmudi.

Akan tetapi, baru-baru ini ada wacana penambahan waktu. Yang semula hanya 3 (tiga) bulan, diwacanakan ada penambahan waktu 3 bulan lagi, hingga 6 bulan atau 6 kali penyaluran BLT DD. Yang 3 bulan pertama senilai 600 ribu per bulan, dan 3 bulan kedua senilai 300 ribu per bulan, lanjutnya.

Dari perubahan wacana yang semula hanya 3 bulan, namun menjadi 6 bulan juga berpengaruh pada banyaknya calon keluarga penerima manfaat. Sudah dihitung mampu mengcover 280 KPM, lantas hanya 190 KPM, pungkas dia.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Pemdes Karangsari Berusaha Memeratakan Bantuan Kepada Rakyatnya
Next post Hingga Hari ini Pemerintah Pati Mencatat 30 Desa dalam Penyaluran BLT DD
Social profiles