Camat Juwana dan Kasat Pol PP Rembuk Penempatan Damkar

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebagai upaya mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran seperti kebakaran beruntung yang terjadi di Juwana beberapa waktu lalu, maka ada rencana menempatkan satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) Pemerintah Kabupaten (Pati) di Juwana. Penempatan unit damkar tersebut, dipastikan mengambil lokasi di halaman Kantor Kecamatan Juwana.

Selain halamannya cukup luas, utuk personel yang bertugas sesuai jadwal juga tersedia tempat baik di pendapa maupun di lingkungan kantor, sehingga lokasi itu tepat di tengah-tengah kota. Sebab, personel regu damkar yang terdiri dari 9 orang itu akan bertugas secara brergilir dari pagi hingga giliran waktu pagi berikutnya.

Hal itu dibenarkan Kepala Sat Pol PP Kabupaten Pati, Hadi Santoso ketika tengah berembuk hal tersebut di ruang kerja Camat Juwana, Drs Sugiyono MM. ”Hal sama akan dilakukan pula di wilayah Eks-Kawedan Tayu dan juga di Eks-Kawedanan Kayen  saat menjelang Lebaran ini, atau tepatnya mulai Minggu (17/5),”ujarnya.

Hanya yang masih menjadi kendala, katanya lagi, adalah pembagian personel regu Damkar yang akan bertugas secara bergilir tersebut. Jika harus menyedikan tiga unit, berarti harus ada 27 personel yang bertugas piket secara bergilir, dan hal itu masih akan dicarikan personel yang benar-benar siap, yaitu dari Linmas.

Akan tetapi yang terpenting dalam pengendalian opersional damkar saat harus di lapangan dalam kondisi darurat, adalah driver dan satu operator yang sigap dalam menghidupkan pompa air, ”Karena itu, kami masih harus memilah personel yang akan bertugas di tiga lokasi penempatan damkar itu,”tandas Hadi Santoso.

Sementara itu Camat Juwana, Sugiyono mengucapkan terima kasih karena menjelang Lebaran hingga usai Lebaran nanti Juwana disiagan satu unit damkar. ”Akan tetapi jika unit damkar tersebut harus bergerak seperti ke Batangan, Jakenan, Jaken,  Wedarijaksa, Trangkil justru jaraknya lebih dekat jika yang harus dari Pati,”paparnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Pramuka Kwarcab Pati Kembali Salurkan Bansos untuk Seniman
Next post Gratis Uang Masuk Sekolah, Dibicarakan Komite dengan Orangtua
Social profiles