Akses Jalan di Lingkungan Kolam Tambat Kapal Mulai Dikerjakan

Pebuatan talut penahan akses ruas jalan di lingkungan kolam tambat kapal mulai dikerjakan.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Cepatnya pencapaian  progres pelaksanaan pekerjaan pembangunan kolam tambat kapal di kawasan Pulau Seprapat Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Pati memang ditunjang cepatnya pelaksanaan pekerjaan di lapangan. Seperti Selasa (12/5) hari ini, misalnya, pembuatan talut untuk akses jalan di lingkungan kolam tambat tersebut juga sudah mulai dikerjakan.

Sementara itu, pelaksanaan pekerjaan pengurukan lahan penunjang di lokasi tersebut harus dihentikan karena lokasi penempatan material tanah uruk sudah menumpuk. Hal tersebut juga masih terdapat banyaknya material sheet pile karena hari ini datang lagi material pabrikan itu sebanyak tiga rit, atau 30 batang sehingga jumlah material tersebut seluruhnya sudah mencapai 340 batang.

Dengan kondisi di lapangan seperti itu, kata Site Manajer Rekanan Penyedia Jasa Kerja Sama Operasional (KSO) PT Aneka Tata Laksana Pati, Amin, maka dalam memaksimalkan pelaksanaan pekerjaan harus benar-benar diperhitungan. ”Sebab, dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan kolam tambat kapal ini ada dua sub-pekerjaan utama yang memang menelan alokasi anggaran cukup besar,”ujarnya.

Satu sub pekerjaan tersebut, masih kata dia, adalah pemasangan  dinding kolam tambat yang sekaligus sebagai penahan kondisi tanah di belakang dinding tersebut. Sebab, dalam waktu bersamaan lahan penunjang itu juga harus dilakukan penataan dengan cara diuruk tapi tidak diikuti pemadatan maksimal kecuali  yang lokasi akses untuk jalan.

Karena itu, setelah pembuatan talut penahan yang panjangnya hanya sekitar 35 meter itu karena di lokasi tersebut dulunya adalah bagian dari sisa tambak. Selesai tahapan pemasangan talut akan diikuti dengan penggalian dan pemasangan saluran pembuang bentuk U sepanjang 450 meter hingga masuk ke alur kali di sisi utara lahan kawasan kolam tambat kapal.

Selain  saluran U di sisi barat akses jalan dengan panjang sama 450 meter sebanyak dua lajur, maka yang di sisi timur ruas jalan itu juga dipasang saluran yang sama. ”Dengan demikian, berikutnya dilengkapi pula bahu jalan masing-masing 1,5 meter, lebar akses jalan satu lanjur 6 meter yang menggunakan material betron, dan di bagian tengah dilengkapi pula dengan median jalan lebar 1,5 meter untuk tempat lampu penerangan jalan,”imbuh Amin.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Pekan Depan, THR sudah Dicairkan oleh Perusahaan
Next post Pekerjaan Rumah Desa Langse di Tengah Wabah Pandemi
Social profiles