250 Batang Sheet Pile Sudah Dipancangkan untuk Dinding Kolam Tambat Kapal

Pekerjaan pemasangan sheet pile saat ini berhenti sementara karena operator crain-nya mudik Lebaran (atas) tapi pemindahan tanah uruk tetap berjalan (bawah).(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com  PATI (SN) – Sebanyak 250 dari 700 batang sheet pile untuk memperkuat konstruksi dinding kolam tambat kapal di kawasan Pulau Seprapat Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Pati hingga Rabu (20/5) kemarin sudah terpasang. Dengan demikian, untuk pelaksanaan pekerjaan utama ini sudah selesai paling tidak sepertiganya.

Di sisi lain, mulai kemarin, pelaksanaan pekerjaan itu untuk sementara waktu juga berhenti karena operator alat berat crane untuk memancangkan material tersebut sudah meninggalkan lokasi, untuk pulang kampung ber-Lebaran bersama keluarga. Dengan demikian, yang sudah berlangsung secara maksinal adalah pekerjaan pengurukan.

Khusus yang disebut terakhir, kata Site Manajer rekanan penyedia jasa hasil kerja sama operasional (KSO) PT Aneka Tata Laksana Pati, Amin, material tanah uruk yang semula untuk pemadatan sementara di lokasi sisi selatan, kini digeser untuk keperluan sama di sisi utara. Hal tersebut harus dilakukan, karena lahan di sisi utara masih basah.

Sedangkan yang di sisi selatan  urukan tanahnya harus didatangkan lagi, karena nanti pada akhir pekerjaan yang akan berlangsung selama 180 hari kalender itu, semua sisi lokasi kawasan tersebut harus tertata rapi. ”Dengan demikian, kami tetap membutuhkan material tanah uruk dengan kapasitas volume cukup besar,”ujarnya.

Terlepas dari hal itu, masih kata dia, untuk paket pekerjaan lainnya juga sudah dilaksanakan, yaitu penempatan dan penataan lokasi untuk akses jalan meliputi dua jalur, masing-masing dengan dua lajur panjang 450 meter. Operator alat berat, baik ekskavator maupun sopir ”dump truck,” karena tempat tinggalnya di Pati, maka semua akan mulai libur pada Lebaran pertama, dan maksimal hingga sepekan berikutnya.

Kendati waktu untuk hari kalender pekerjaan terpotong libur Lebaran, tapi pihaknya bisa memastikan bahwa tidak ada kata terlambat dalam penyelesaian pekerjaan. Jika ada yang tidak sependapat bahwa progres pekerjaan itu sudah mencapai 40 persen, dipersilakan untuk melakukan pengecekan atau melihat ke lokasi.

Di lapangan atau lokasi pekerjaan itu tiap hari pasti ada personel dari konsultan pengawas yang  bisa dimintai keterangan, mereka yang memang mengawasi pelaksanaan sehari-hari, selain personel dari pihak pengguna anggaran yang juga melakukan hal sama. Mereka dipersilakan langsung bertanya pada pengawas yang bersangkutan, apakah ada pekerjaan yang direkayasa atau tidak sesuai perencanaan.

Hal yang menyangkut pekerjaan utama pemasangan sheet pile sudah sebanyak itu, maka material yang masih tersisa adalah 100 batang. ”Dengan demikian, jika nanti awal melaksanakan pekerjaan sehabis libur Lebaran tidak akan terganggu karena keterlambatan mendatangkan sheet pile yang sudah pasti di antisipasi, yaitu kekurangan material tersebut tahap demi tahap akan dipenuhi selesai libur Lebaran,”imbuh Amin.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Gelar Baksos, Polres Pati Bagikan 500 Nasi Bungkus kepada Kaum Dhuafa
Next post Urusan Covid-19 belum Rampung, MABP tak Adakan Sholat Ied
Social profiles