Saiful Arifin : Pemerintah Harus Sediakan APD Bagi Tenaga Medis

SAMIn-NEWS.com, PATI – Wakil Bupati Saiful Arifin selaku Wakil Ketua I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati menegaskan bahwa kebutuhan APD dan standar keamanan tenaga medis harus tetap terjamin. Hal tersebut diungkapkan saat Rapat Koordinasi dan Evaluasi penanganan covid-19 yang dilaksakan secara daring di ruang Pati Command Center, Rabu (29/4/2020).

Saiful Arifin menyampaikan dalam kondisi seperti ini tenaga medis harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. “Bagaimana komitmen sebagai tenaga kesehatan saat ini puskemas menjadi yang utama, baik sebagai tempat pengaduan atau menjadi rujukan masyarakat. Puskesmas  secara tenaga maupun secara fasilitasnya harus selalu siap,” ujarnya.

Safin mengungkapkan, saat monitoring kesiapan di beberapa Puskesmas, ada puskesmas yang memang sudah cukup baik secara tenaga dan fasilitas seperti kelengkapan  APD dan sudah dilaksanakan sesuai protokol kesehatan covid-19 dalam pelayanan. “Semua puskesmas wajib memberikan pelayanan sesuai jam kerjanya. Jangan sampai saat jam kerja tim medisnya malah tidak ada,” imbuhnya.

Menurut Safin, perlu ditegaskan bersama, bahwa pilihan menjadi tenaga medis adalah bagian dari pengabdian. Namun ia memahami menjadi tenaga medis di tengah wabah sangat beresiko. “Saat ini tenaga medis adalah tenaga khusus yang tidak bisa digantikan oleh tenaga ahli lain,  kita lakukan ini jangan dengan ketakutan walaupun memang perlu kehati-hatian dengan alat pelindung yang wajib disediakan oleh pemerintah,” jelasnya.

About Post Author

Satriyo Abdi Nugroho

Previous post Korwilcam Bidang Pendidikan Gunungwungkal Gelar Sosialisasi PPDB Daring
Next post Data Covid-19 Tidak Sesuai, Joni Kurnianto Menilai Gugus Tugas Tak Serius
Social profiles