Penyemprotan Disinfektan di Tempat Hiburan Margorejo

SAMIN-NEWS.com  PATI – Kamis (2/4) hari ini, dipelopori Camat Margorejo Sudarto bersama jajaran Muspika kecamatan setempat, penyemprotan disinfektan dilakukan di sejumlah tempat hiburan. Selain kafe dan tempat huburan karaoke yang ada di Desa/Kecamatan Margorejo juga di kompleks Lorong Indah (LI) dan Kampung Baru (KB).

Upaya penyemprotan untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona (Covid-19), karena sebelum dilakukan penutupan secara resmi Senin (23/3) lalu berdasarkan surat edaran (SE) Bupati, tempat-tempat itu masih ramai oleh pengunjung. Dengan demikian, penyemprotannya harus didahulakan agar sesudahnya tempat itu benar-benar bersih dan terbebas dari terjadinya penyebaran virus tersebut.

Karena itu, kata Camat Margorejo, Sudarto pihaknya bersama jajaran Muspika mengambil sikap untuk mendahulukan tempat hiburan. Sehingga ketika dalam masa tidak aktif membuka usahanya, sudah pasti tempat-tempat dimaksud tidak banyak didatangi pengunjung, maka upaya pencegahannya bisa benar-benar maksimal.

Terlepas dari hal itu, pihaknya juga mengharap agar semua pemilik usaha hiburan benar-benar mematuhi ketentuan ditutupnya kegiatan usaha mereka. ”Sudah semestinya jika SE Pak Bupati harus benar-benar dipatuhi sampai dicabutnya pemberlakuan masa darurat Corona, syukur-syukur kalau mereka bisa beralih ke kegiatan usaha lainnya,”ujarnya.

Akan tetapi, katanya lagi, minimal kepatuhan harus benar-benar ditunjukkan oleh para pemilik kegiatan usaha itu, baik yang bergerak di kegiatan usaha kafe dan karaoke. Sedangkan yang tak kalah penting adalah usaha tempat hiburan di LI dan KB, karena jumlah pengunjung sebelum tempat itu  diharuskan tutup juga cukup banyak.

Mengingat kondisi itu, maka penyemprotan disinfektan dalam upaya mencegah berkembangnya penyebaran virus Corona dalam waktu satu hari ini benar-benar dimaksimalkan. Sedikitnya 50 personel terlibat dalam upaya tersebut sesuai peran dan tugas masing-masing, sehingga pihak pemerintahan desa setempat (Margorejo) juga dilibatkan.

Selain itu, untuk personel lainnya sudah barang tentu ada dari unsur Polri yaitu Polsek Margorejo, anggota Koramil, staf kecamatan, puskesmas dan Satrpol PP. Sebab, jumlah rumah hiburan yang ada di LI saja ada 46 dan Kampung Baru (KB) 32 rumah, ditambah ada 8 tempat karaoke serta dua buah hotel.

Dengan demikian, penyemprotan yang berlangsung hari ini harus benar-benar maksimal sehingga kesempatan lain, seperti utuk di kantor-kantor bisa menyusul karena pegawai yang masuk kerja ditetapkan untuk sementara hanya 50 persen. ”Ada pun yang lainnya juga akan menyusul fasilitas umum,”imbuh Sudarto.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 01 April 2020
Next post E-Koran Samin News Edisi 02 April 2020
Social profiles