Komisi D Gelar Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Covid-19

0
39
Suasana rapat koordinasi percepatan penanganan covid-19.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Komisi D DPRD Pati melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan beberapa OPD terkait untuk melakukan percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Pati. Rakor dilaksanakan di ruang rapat Komisi D, Selasa (14/4 /2020).

Wisnu Wijayanto selaku Ketua Komisi D sekaligus pimpinan sidang, menyebutkan mempersiapkan sejauhmana dari tiap-tiap OPD yang berkaitan dengan kesehatan dalam menangani pandemi wabah virus corona desease agar tak marak di bumi Mina Tani.

“Ya, kita adakan rakor untuk melakukan kesigapan dan percepatan upaya mereka. Supaya lebih cepat dan lebih baik,” tuturnya

Peserta yang ikut pada kegiatan ini, kata dia, dari banyak peserta yang hadir dan mengikuti rakor ini adalah dari puskesmas eks-kawedanan Pati yang diambil satu-satu peserta, RSUD Kayen, Soewondo, Dinsos, Disnaker serta Disdik Kabupaten Pati.

Disnaker, kata dia, untuk melakukan kesiapan penanganan wabah covid-19 perlu mendukung dan mensupport para perawat serta tenaga medis yang berjuang melawan serta merawat pasien dari PDP maupun positif. Karena, Disnaker merupakan bidang ketenaga kerjaan yang membidangi sektor usaha yang dalam hal memberdayakan mereka para penjahit untuk membuat masker dari kain. “kita minta untuk menyediakan masker yang terbuat dari kain,” kata dia.

Selain masker, masih kata dia, disnaker menyediakan alat pelindung diri (APD) atau pakaian yang digunakan oleh tim medis. Kemudian mendata pekerja yang saat terdampak dari merebaknya virus corona. Karena sebagian tenaga kerja ada yang di PHK sepihak oleh perusahaan maupun dirumahkan. Dari pendataan Disnaker, kemudian, dilaporkan oleh Dinsos untuk kebijakan selanjutnya.

Saat dikonfirmasi terkait kapan pembuatan APD maupun masker, wisnu menyebut dari Disnaker telah membuat ribuan masker. “Saat ini sudah dibuat, sudah hampir kurang lebih ribuan masker dari pihaknya,” tutup Wisnu.