Diskominfo Bangun Gedung Baru untuk Ruang Server Terpadu

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah punya tanggung jawab dalam membawa kepemimpinannya ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Perbaikan ini melingkupi semua sektor yang menunjang dan bersatu padu hingga mampu bersinergi diantara lintas sektor birokrasi organisasi perangkat daerah (OPD). Karena, pemerintah yang baik adalah suatu pemerintahan yang bisa mengcover kebutuhan dari internal pemerintah itu sendiri hingga masyarakatnya.

Salah satu yang dilakukan oleh pemerintah melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) merancang dan membuat sarana-prasarana infrastruktur gedung baru demi mengoptimalkan layanan sebagai tugas pokok dan fungsi Dinas terkait. Pembangunan tersebut saat ini masih tampak dalam pembangunan awal, yakni pengecoran po dasi gedung.

“Gedung yang baru dibangun itu nantinya untuk ruang server terpadu,” ucap Kepala Diskominfo Pati, Indriyanto pada awak media Saminnews, Kamis (16/4/2020).

Pembangunan gedung sampai rampung, kata dia, diperkirakan selesai sekitar bulan September mendatang. Pembangunan tersebut membutuhkan waktu 6 bulan yang dimulai dari bulan April 2020 ini. Setelah usai pembangunan gedung itu masih ada pemasangan dan setting untuk keperluan server.

Ruang server terpadu mulai beroperasi bulan Januari nanti. Alhasil gedung baru itu belum bisa langsung digunakan untuk keperluan tertentu. Pihaknya menyebut masih menyesuaikan dan mengatur ruangan tersebut agar supaya bisa diaktifkan. “Karena perlu seting server dengan migrasi instalasi dari lokasi ruang server lama ke ruang  server baru,” kata dia.

Pihaknya menambahkan, ruang server terpadu adalah ruang server pusat pengolahan elektronik untuk melayani kegiatan OPD  dalam rangka menerapkan birokrasi sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Dengan demikian, kegiatan semua OPD bisa masuk dan dipantau atau setidaknya bisa dilihat bersama program kerja maupun perkembangan dari tugas masing-masing OPD di jajaran pemangku kebijakan. Karena, datanya masuk pada Diskominfo bisa diakses oleh OPD yang lain sebagai motivasi mental untuk lebih maksimal dalam kewenangan dan tugas fungsinya.

“Juga rencana di gedung tersebut ada ruang SOC (security operation center) yaitu ruang operasi keamanan. Serta yang lantai bawah untuk media center (ruang untuk menyampaikan/kelola informasi publik),” tutup Indriyanto.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Peduli Covid-19, KPNU Gembong Bagikan 1000 Masker
Next post SMA PGRI 2 Kayen Ciptakan Mesin Hand Sanitizer Herbal
Social profiles