Data Website Covid-19 Pemkab Diperbarui Dua Kali Sehari

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pandemi Corona merupakan tanggung jawab bersama pemerintah maupun masyarakat sipil. Tanggung jawab itu yakni dalam melawan, memerangi serta menghilangkan virus tersebut sampai ke akar-akarnya. Oleh sebab itu, semua pihak dengan pos peran masing-masing melakukan upayan yang maksimal untuk mengentaskan wabah virus corona dari peradaban manusia.

Instansi Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Pati sebagai lembaga perangkat daerah mempunyai tanggung jawab yang sama yakni bergerak dalam menangkis persebaran covid-19. Yang dalam hal ini, Kominfo Pati sebagai lembaga informasi pemerintah mengcover dalam pelayanan informasi publik sebagai penunjang aktifitas yang dibutuhkan oleh masyarakat terhadap pengetahuan tentang wabah corona.

“Sesuai dengan bidangnya masing-masing, karena ini tanggung jawab bersama. Kominfo sendiri menyediakan Web khusus yang mempublish data corona, Informasi yang dibutuhkan untuk masyarakat bisa diakes lewat Web itu,” ucap Kepala Dinas Kominfo Pati Indriyanto saat ditemui awak media Samin News, Selasa (14/4/2020).

Diskominfo Pati mengelola Web tersebut yang tiap hari diperbaharui guna menghadirkan informasi yang up to date dengan situasi dan kondisi persebaran covid-19 di Kabupaten Pati. Perbaruan itu sebanyak dua kalo sehari. Adapun data didapat dari Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) yang kemudian akan dikelola kominfo untuk disebar luaskan pada khalayak.

Selain upaya pengelolaan website khusus penanganan Covid-19, pihaknya juga menyebut memfasilitasi video conferensi (Vidcon). Penggunaan ini menyusul dengan aturan yang menganjurkan untuk sosial atau phisik distance (pengambilan jarak) guna menghindari resiko kerawanan persebaran virus. “Hampir tiap hari selalu memfasilitasi vidcon. Dan hari ini kita juga memfasilitasi vidcon Sekda dengan terkait,” kata dia.

Dia menambahkan, dalam website resmi covid-19.patikab.go.id ini dikatakan lengkap dalam penyajian informasi tentang corona. Mulai dari sosialisasi pencegahan (phisic/sosial distance, pakai masker, jaga kebersihan) upaya Pemkab, infografis hingga peta persebaran di Kecamatan se-Kabupaten Pati.

Karena program pemerintah pusat dalam menanggulangi wabah pandemi Covid-19 sangat banyak, dirinya tak tahu pasti dengan kesemua program yang telah dibuat oleh pusat. Akan tetapi, yang menjadi tanggung jawab Diskominfo adalah mengelola website resmi Pemkab dalam menangani virus corona. Adapun data dari Dinkes yang kemudian akan diprogram serta dipublis sebagai peta informasi.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Ekskavator Rusak, Tiga Rit Sheet Pile Belum Bisa Turun
Next post E-Koran Samin News Edisi 14 April 2020
Social profiles