Banyak Masyarakat Menanti Pembagian Masker

SAMIN-NEWS.com, PATI – Berbagai elemen masyarakat turut serta memberikan upaya konkrit dalam mencegah persebaran atas bencana yang menimpa kita saat ini yakni virus corona desease (Covid-19). Hal ini juga sama, tampak yang dilakukan oleh berbagai unsur organisasi dan komunitas di Pasar Gembong, Pati, Kamis (16/4/2020).

Langkah konkrite dari lintas sektor dalam aksi pencegahan virus corona itu, terdiri dari Kader Penggerak NU, Kecamatan, Koramil, pelajar NU serta para relawan yang terlibat di dalamnya. Semua elemen masyarakat dan jajaran pemerintah Kecamatan Gembong bersinergi membagikan masker di Pasar Gembong pada hari Rabu (15/4) kemarin.

Ketua IPNU yang juga turut aksi dalam pembagian masker, Ahmad Saifudin mengatakan bahwa saat ketika dilakukan pembagian masker sesuai dengan standart keamanan protokol. Hal Ini dimungkinkan juga sebagai upaya sosialisasi terkait covid-19 di wilayah sekitar.

“Dalam pembagian masker juga sudah sesuai standart protokol yang telah ditentukan. Misalnya dengan memakai masker, masak membagi masker malah gak pakai. Kemudian, sebelum dan sesudah membagikan dengan melakukan cuci tangan pakai sanitizer,” kata Ahmad.

Fasilitas tersebut telah disediakan oleh pihaknya sebagai salah satu standart keamanan. Disamping itu, masih kata dia, dalam pembagian masker juga menghindari dengan kontak fisik secara langsung. Antisipasi dengan tak berdekatan satu sama lain diantara mereka. Adapun upaya ini dinilai interaksi phisik distancing dan sosial distancing.

Selain itu, masker-masker yang dibagikan guna menjaga kebersihan dari alat itu sendiri diperlakukan dengan layak dalam wadah kresek plastik. “Selain sbelum pembagian, kita dengan cuci tangan. Kemudian, tiap masker dibungkus plastik agar supaya tetap terjangkau,” imbuhnya.

Diketahui, masker yang dibagikan itu total ada ribuan buah. Akan tetapi, dalam praktik pembagian di lapangan tak langsung semuanya dibagikan. Dibagi dalam beberapa waktu. Meskipun begitu, masker yang disediakan ribuan itu nyatanya masyarakat sangat antusias untuk diajak kerjasama memakai masker. Dengan terbukti masih kurang banyak.

Oleh karena itu, ke depan pihaknya akan membuat kegiatan serupa membagikan masker. Lantaran dinilai masih perlu banyak lagi dari jumlah masker semula. Pihaknya saat ini membuka donasi bagi para donatur maupun dermawan mau bergabung dan menyumbangkan sebagian hartanya. Kemudian, nanti dana terkumpul akan di gunakan untuk pembiayaan pengadaan masker.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post SMA PGRI 2 Kayen Ciptakan Mesin Hand Sanitizer Herbal
Next post Kepala Desa di Pati Resah Karena Berita BLT Dana Desa 600 Ribu Per KK
Social profiles