Bulog Sub-Divre Pati Masih Menungu Janji dan Kebijakan Bupati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bulog Sub-Divre Pati saat ini boleh merasa sedikit lega meskipun isi gudang beras serapan pengadaan Tahun 2019 masih 21.000 ton, dan belum seluruhnya bisa tersalur. Menyikapi kondisi tersebut dalam koordinasi dengan Bupati dijanjikan yang bersangkutan akan ikut membantu melalui kebijakan yang akan ditempuh, agar sisa beras dalam gudang sebanyak itu bisa tersalur.

Dengan demikian, salah satu upaya yang akan dilakukan adalah melibatkan kembali Bulug Sub-Divre setempat untuk ikut menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Untuk bantuan kepada penerima manfaat Tahun 2020 ini ada perubahan, di mana nilai nominalnya mencapai Rp 150.000/penerima atau setara dengan 13 kilogram beras dan 18 butir telor.

Ditanya berkait hal tersebut, Kepala Bulog Sub-Divre Pati Yonas Haryadi Kurniawan membenarkan sehingga pihaknya menunggu janji itu tahun ini benar-benar segera dipenuhi. ”Sebab kami sudah dilibatkan, untuk sementara menangani penyaluran BPNT dua kecamatan masing-masing Kecamatan Gembong dan Kecamatan Trangkil,”ujarnya.

Sementara itu, data keluarga penerima manfaat BPNT di Dinas Sosial Kabupaten Pati menyebutkan sebanyak 102.455, dan dari 21 kecamatan se-Kabupaten Pati terbanyak adalah Kecamatan Sukolilo 9.247 disusul Kecamatan Kayen (8.6010. Sedangkan di Kecamatan Gembong (4.247) dan Kecamatan Trangkil (5.039).

Menjawab pertanyaan, Yonas Haryadi Kurniawan menegaskan, jika sisa  beras isi gudang Bulog tidak bisa tersalur, dipastikan pihaknya tidak mungkin melakukan serapan pengadaan di awal panenan padi tahun ini. Dengan kata lain, pihaknya tidak bisa menjalin kerja sama dengan para mitra kerjanya yang di wilayah Sub-Divre Pati jumlahnya tidak kurang dari 90 orang.

Kondisi tersebut sama saja, hasil panenan padi para petani tidak terserap oleh pembelian para mitra kerjanya sehingga akan terjadi pembelian secara bebas. ”Risikonya harga jual di tingkat petani akan terpuruk karena pembeli bebas menawar berapa pun dia suka, hal inilah yang harus diantisipasi dan kami masih menunggu janji serta kebijakan Pak Bupati,”tandasnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Jelang TMMD, Warga Gulang Pongge Gelar Gotong Royong
Next post Peran Kejari Dalam Kebijakan Pembangunan
Social profiles