Banprov Untuk Sarpras Jalan di Pati Capai Puluhan Miliar Rupiah

Kepala Seksi (Kasi) Jalan Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Hasto Utomo (atas) dan akses ruas jalan di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana yang menuju lokasi kolam tambat kapal, di sekitar Pulau Seprapat Desa Bendar juga di Kecamatan setempat.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bantuan Provinsi (Banprov) untuk sarana dan prasarana (Sarpras) jalan di Kabupaten Pati, mencapai puluhan miliar rupiah. Terbesar adalah bantuan untuk pembangunan ruas jalan di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana yang sesuai rencana seluruhnya akan diperkuat dengann konstruksi beton rigid sebesar Rp 8 miliar.

Akses ruas jalan yang akan diubah dari lebar 5 meter menjadi 6 atau 7 meter tersebut, adalah satu-satunya akses jalan menuju lokasi kolam tambat kapal di kawasan Pulau Seprapat Desa Bendar juga di Kecamatan Juwana. Karena itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menopangnya dengan akses jalan keluar dari lokasi kolam tambat kapal.

Untuk keperluan itu, kata Kepala Seksi (Kasi) Jalan Bidang Binamrga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Hasto Utomo, pemkab mengalokasikan anggaran dari APBD murni Tahun 2020 sebesar Rp 2 miliar. Alokasi anggaran itu untuk meningkatkan ruas jalan Dukuh Karangmangu juga di Desa Bajomulyo.

Khusus ruas jalan yang juga akan diperkuat dengan beton rigit itu, nanti adalah untuk akses jalan keluar dari kolam tambat kapal. ”Jika kami menggunakan konstruksi rigit beton yang biayanya tentu lebih mahal, karena nanti kendaraan yang melintas di ruas jalan itu kebanyakan membawa muatan berat,”ujarnya.

Sedangkan bantuan provinsi lainnya, masih kata Hasto Utomo, ada yang dialokasikan untukĀ  peningkatan ruas jalan menuju objek wisata Goa Pancur (Rp 5 miliar), dan jalan ke TPA Gadu di Kecamatan Gunungwungkal (Rp 1,5 miliar). Selebihnya ada pula untuk penerangan jalan umum (PJU) (Rp 2 miliar) dan perbaikanĀ  sarana irigasi di Kali Kedungtelo, Desa Wangunrejo, Kecamatan Margorejo (Rp 700 juta).

Bantuan yang sama tapi untuk paket pekerjaan cipta karya, masing-masing untuk penataan trotoar dan drainase dalam Kota Pati. Di antaranya trotoar di Jl Pemuda sebesar (Rp 5 miliar), Jl Sudirman (lanjutan) yang sisi selatan jalan dari Alun-alun Pati ke barat (Rp 6 miliar), Jl Jiwonolo (Rp 2,5 miliar), dan Jl Tentara Pelajar (TP) sebesar (Rp 2 miliar).

Selebihnya untuk penataan trotoar dan drainase di Jl KH Wahid Hasyim (Rp 2,5 miliar) dan juga di Jl MH Thamrin (Rp 3 miliar). Mengingat turunnya bantuan provinsi baru saja maka pihaknya segera melakukan persiapan untuk pelaksanaan lelang tendernya, tapi hal itu tentu belum bisa dilaksanakan secepatnya karena masih harus mempersiapkan lelang paket pekerjaan lainnya.

Khusus yang disebut terakhir tak lain adalah lelang paket pekerjaan ruas jalan dengan alokasi dana khusus (DAK), yaitu penyiapan dokumen lelang untuk dimasukkan ke pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) dengan harapan pekan depan sudah dilakukan kajian teknis sehingga tahap berikutnya sudah bisa tayang. ”Masing-masing paket pekerjaan ruas jalan Jakenan (Rp 14,5 miliar) dan Pati-Gabus (Rp 6,5 miliar),”imbuhnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post BBWS Akhirnya Menormalisasi Kali Simo
Next post Tiang Telepon Kabel Akan Menjadi Kendala Normalisasi Kali Simo
Social profiles