Bangkitkan Gairah Membaca, IPNU IPPNU Kabupaten Pati Gagas Rumat Literasi

SAMIN-NEWS.com, Pati – Indonesia saat ini menduduki posisi yang cukup rendah terkait minat membaca. Berdasarkan data dari Perpustakaan Nasional, masyarakat Indonesia hanya membaca kurang sejam dalam sehari. Jika dihitung, dalam satu tahun mereka hanya mampu membaca lima sampai Sembilan buku saja.

Oleh sebab itu, Lembaga Pers dan Jurnalistik IPNU IPPNU Pati menggagas ‘Rumat Literasi’ yang berfokus untuk berbagi pengetahuan terkait literasi.

Mukhoyyaroh selaku Direktur Lembaga Pers dan Jurnalistik PC IPPNU Pati  mengatakan bahwa pelaksanaan Rumat Literasi sudah berlangsung di 4 Kawedanan dari 5 eks Kawedanan di Kabupaten Pati.

“Sasaran kami semua Pengurus IPNU IPPNU di tiap kawedanan di Kabupaten Pati,” tambah Mukhoyyaroh saat ditemui awak media Samin News, Senin (16/2/2020).

Ia menambahkan bahwa Rumat Literasi telah rutin menggelar Forum Diskusi tiap minggunya, untuk lokasi kegiatan mereka selalu berpindah lokasi tiap minggunya.

“Untuk lokasi kita berpindah tiap minggunya, bisa dikatakan seperti tour begitu,” ungkapnya.

Selain membahas materi materi tentang membaca dan menulis, Rumat Literasi juga membekali  peserta dengan materi jurnalistik.

Mukhoyyaroh berharap agar Rumat Literasi setidaknya menjadi angin segar bagi dunia literasi di Kabupaten Pati.

“Walaupun tidak signifikan, kami hanya ingin mencoba membangkitkan gairah literasi di Kabupaten Pati, khususnya dikalangan pelajar dan anak muda,” pungkas Mukhoyyaroh.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Berdiri Megah di Atas Bekas Alur Kali
Next post E-Koran Samin News Edisi 18 Februari 2020
Social profiles