Paket Jasa Pengawasan Pembangunan Stadion Joyo Kusumo

SAMIN-NEWS.com, PATI – Untuk pelaksanaan paket pekerjaan pembangunan dengan pagu anggaran cukup besar sudah pasti diikuti dengan paket jasa konsultan pengawasan. Tahun anggaran (2020) di Pati, salah satu paket pembangunan tersebesar adalah Stadion Joyo Kusumo dengan pagu anggaran hampir mencapai Rp 20 miliar.

Karena itu, konsultan paket jasa tersebut juga mulai memasukkan penawaran ke panitia sehingga pada saat pelaksanaan nanti, konsultan pengawasan siapa dan dari mana yang akan melakukan pengawasan selama berlangsungnya hari kalender pekerjaan. Dengan demikian, jika dalam pelaksanaan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab rekanan pemenang tender itu terjadi ketidakberesan konsekuensinya konsultan pengawasan ikut terkena sanksi.

Penanggung jawab LPSE setempat, Alfonso Rico ketika ditanya berkait hal tersebut mengatakan, memang benar yang sudah masuk ke pihaknya baru paket jasa konsultan pengawasan untuk pembangunan Stadion Joyo Kusumo. Akan tetapi belum diikuti masuknya paket fisik dari pihak yang berkompeten, yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati.

Jika paket fisiknya sudah masuk maka bisa segera dilakukan seleksi untuk diumumkan di LPSE, sehingga rekanan yang berminat bisa mengajukan pendaftaran dan penawaran. ”Sebab, dalam hal ini kami juga harus menghitung waktu tahapan lelang, termasuk bila pada tahapan masa sanggah ada rekanan lain yang mengajukan sanggahan,”ujarnya.

Di sisi lain, masih kata dia, pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) juga sudah pasti harus menghitung berapa hari kalender pekerjaan yang harus disediakan untuk rekanan pemenang tender sebelum menandatangani kontrak. Karena itu, jika pelaksanaan pekerjaan pembangunan Stadion Joyo Kusumo paket fisiknya bisa masuk secepatnya bulan ini itu justru lebih bagus.

Pertimbangannya, paket pekerjaan tersebut menelan biaya cukup besar sehingga dalam pelaksanaannya paling tidak membutuhkan hari kalender yang benar-benar maksimal. Kendati demikian, dalam hal ini pihaknya tetap akan selektif dalam mencermati data paket fisik setiap pekerjaan pembangunan.

Sesuai data yang sudah masuk ke bagian PBJ sampai hari ini, Kamis (9/1) sudah 9 paket termasuk paket jasa konsultan pengawasan pembangunan Stadion Joyo Kusumo. Sedangkan yang lainnya, ada pula ”detail enginnering desain” (DED) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Juwana dan juga manajemen konstruksi gedung RSUD tersebut.

Selebihnya ada pula, paket fisik pekerjaan bangunan kesehatan Puskesmas Kayen dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang pagunya atau harga perkiraan sendiri (HPS) sebesar Rp 4.449.660.000 Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati. ”Semua paket tersebut masih dalam tahapan persiapan seleksi sehingga belum diumumkan secara terbuka di LPSE,”imbuh Rico.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Ketinggian Air di Alur Kali Juwana Sedikt Menurun
Next post Muncul Desa ”Imbun” di Pati
Social profiles