Sekda Buka Rakor TIK dan TIM Untuk Semua Desa

Sekda Pati Suharyono dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) kegiatan Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan Tim Inovasi Kecamatan (TIM).(Foto:SN/Riyo)

SAMIN-NEWS.CON PATI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) kegiatan Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan Tim Inovasi Kecamatan (TIM). Tindak lanjut dari rakor tersebut  nant akan dikembangkan di semua desa di Kabupaten Pati.

Kegiatan dengan tema “Merajut Inovasi Bangkitkan Inspirasi”, yang digelar selama 3 hari di Ballroom Viola Hotel Merdeka Pati, Senin (8/7/2019), malam kemarin, dibuka  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pati Suharyono. ”Kedatangan kami di sini mewakili Pak Bupati yang tidak bisa hadir karena masih ada kegiatan di luar kota,”ujarnya.

Meski begitu,  katanya lebih lanjut, , Bupati berharap dengan adanya rakor ini program inovasi dari pusat bisa sampai ke desa. Bukan hanya di provinsi dan kabupaten, namun juga bisa mendorong program di desa agar menjadi lebih baik melalui pengelolaan DD dan ADD yang dikucurkan.

“Nantinya dengan kegiatan ini ada inovasi yang akan dikembangkan di desa, sehingga melalui penggunaan dana desa tidak monoton, tapi ada pengembangan yang lebih baik,”terangnya.

Saat ini, sudah banyak inovasi di Pati, namun semakin banyak inovasi terutama di desa – desa, misalnya seperti yang baru baru ini desa Langse , Kecamatan Margorejo melakukan inovasi, yaitu mengubah  limbah kotoran jadi energi listrik dan gas melalui inovasi sistem kapal selam. Selain inovasi di Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) sampah Sukoharjo sekarang bisa menjadi tempat wisata.

“Beliau (Bupati, red) berharap ke depan desa bisa menganggarkan dana desa untuk pengelolaan sampah. Sebab sampah saat ini menjadi permasalahan, bukan hanya di Pati tapi di seluruh wilayah di Indonesia.”tandasnya.(sgt)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Kesbangpol Gelar Rakor Peningkatan Kewaspadaan Dini Guna Menjaga Kabupaten Pati Tetap Kondusif
Next post Membumikan Peringatan Hari Jadi Pati;Sebuah Catatan dari Beberapa Tulisan (8)
Social profiles