Progres Revitalisasi Alun-alun Capai 45 Persen

Pohon berbunga indah jenis ”Tabe Buya”, baru tertanam enam batang di pot sisi timur revitalisasi Alun-alun Simpanglima Pati.(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Memasuki pekan kedua bulan ini (Juli) progres pekerjaan Proyek Revitalisasi Alun-alun Simpanglima Pati sudah mencapai 45 persen. Akan tetapi pekan depan dipastikan capaian 50 persen bisa dipenuhi rekanan pemenang tender proyek tersebut, kareha selain pohon kelapa gading pohon yang sudah ditanam, adalah jenis pohon befbungan indah, ”Tabe Buya.”
Untuk sementara yang baru ditanam hanya enam batang dari sekitar 30 batang lebih di pott-pot besar sisi timur, karena hal itu sebagai uji sejauh mana daya tumbuhnya. Sehingga sistem penanamannya pun hampir seluruh batang harus dibungkus dengan karung goni.
Tujuannya, kata Pelaksana Lapangan rekanan yang bersangkutan, Ahmad, untuk menghindari terjadinya penguapan air yang selesai disiramkan, karena cukup panasnya sengatan terik matahari. Harapannya tentu saja, agar pohon tersebut cepat trubus dengan daun baru, dan benar-benar terhindar dari kematian.
Sedangkan pekerjaan yang bisa mengantar capai progres sebesar itu, karena kini pihaknya juga sudah mulai memasang lantai kerja untuk pengecoran konstruksi lantai pelataran. ”Hal itu juga kami mulai dari sisi timur, sehingga tahap berikutnya jika tingkat kekeringan beton sudah cukup akan diikuti dengan pemasangan batu alam/granit,”ujarnya.
Dari bagian pekerjaan ini, katanya lagi, jika ditambah selesainya pekerjaan pemasangan saluran pembuang/drainase kawasan lingkungan alunalun, mulai dari depan Masjid Besar Pati dan sisi timur selatan alun-alun, maka menambah progres 5 persen bisa tercapai. Dengan demikian, paling tidak progres tersebut sudah sesuai hari kalender.
Ternyata, tidak bisa banyak bagian pekerjaan yang harus dipercepat penyelesaiannya mengingat banyak pekerjaan yang mulai serba ”njelimet.” Sehingga tidak bisa dipaksakan, karena masih ada bagian pekerjaan yang justru menyita banyak waktu, di antaranya adalah penanaman rumput untuk lapangan.
Selain itu juga masih harus memasang ”jogging track” yang baru disiapkan letaknya antara lapangan rumput dan batas tepi area tersebut. Untuk lampu penerangan yang jumlahnya cukup banyak sudah disiapkan seluruh alasnya, Sehingga begitu tiang-tiangnya yang produk pabrikan sudah datang langsung bisa dipasang.
Untuk taman di empat sudut, akan dilakukan setelah bagian pekerjaan yang lain sudah tuntas atau saat progres pekerjaan mencapai 75 persen. ”Sebab, saat ini belum seluruh bagian pekerjaan memasuki tahap finishing kecuali pot-pot besar yang semua sisi dindingnya juga harus dipasang pelaps batu alam,”imbuh Ahmad.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post PROVINSI SAMIN DALAM IMPIAN
Next post Mbah ALman Ketua FWP Akan Mengambil Langkah Hukum ,Bila Penguna Anggaran Tidak Taat asas dalam Pengadaan Barang Jasa Pemerintah.
Social profiles