Gagal Kejar Progres 55 Persen Proyek Revitalisasi Alun-alun

Semua sisi kecuali utara Alun-alun Pati pembuatan/pengecoran lantai kerja, untuk pemasangan batu alam/granit sudah selesai dilakukan, tapi pemasangan material tersebut sampai hari ini belum bisa dilakukan.(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Upaya untuk mencapai progres pekerjaan sebesar 55 persen pelaksanaan proyek Revitalisasi Alun-alun Simpanglima Pati sampai akhir pekan ini, gagal dilakukan rekanan yang bersangkutan. Faktor penyebabnya, terjadi kesalahan dalam melakukan order dengan  pihak pabrikan yang memprpduksi meterial batu alam/granit.
Dalam melakukan order material itu dengan pihak pabrikan, rekanan memang mengajukan empat warna saling berbeda, tapi terbanyak adalah untuk pelataran. Ternyata dalam pengiriman barangyang terbanyak justru untuk kepentingan lain, yaitu warna abu-abu yang hanya dibutuhkan untuk melaposi dinding pot besar.
Ditanya berkait hal terdebut, pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Ahmad membenarkan, sehingga kesalahan warna yag untuk dipasang pada pelataran menyebabkan pekerjaan itu harus ditunda sambil menunggu penggantinya. Padahal, jika material untuk pelataran sudah tersedia dan benar warnanya, maka sampai akhir pekan ini capaian propgres 55 persen bukan hal suiot.
Sebab, untuk sub pekerjaan lainnya juga masih terus berlanjut, di antaranya pembuatan saluran pembuang (drainase) kawasan lingkungan alun-alun mulai depan Masjid Besar Pati ke selatan dan ke timur, batasnya sampai di depan toko roti. ”Selain itu, pembuatan kerangka landasan untuk jogging track juga sudah mulai kami kerjakan,”ujarnya.
Selebihnya, masih kata dia, untuk tanam pohon berbunga indah jenis ”tabe buya” juga sudah dilakukan di sisi barat-utara sebanyak 6 batang ditambah di sisi barat-selatan2 batang. Dengan demikian, utuk sub pekerjaan tersebut jika tidak ada hambatan kekeliruan warnadalam pesanan material pabrikan untuk batu granit, maka sampai akhir pekan ini capaian progres sudah bisa 55 persen.
Bahkan, tambah dia, jika ditambah selesainya pekerjaan pembuatan saluran pembuang di lingkungan alun-alun, bisa mendukung capaian progres pekerjaan sampai 60 persen. Hal itu bisa sesuai jadwal hari kalender, yaitu untuk mencapai prfogres sebesar itu tepat pada 90 hari kalender, Senin (22/7) pekan depan.
Atas capaian tersebut, maka sisa hari kalender yang dimiliki sebanyak 60 hari kalender untuk bisa menyelesaikan pekerjaan jogging track keliling lapangan. Selain itu juga untuk penuntasan pekerjaan taman di masing-masing sudut bundaran alun-alun, serta pembenahan pekerjaan yang belum maksimal lainnya yang dijadwalkan selama 30 hari kalender.
Sisa waktu berikutnya selama 30 hari kalender, selain untuk pekerjaan penanaman rumput juga finishing pintu gerbang yang bermahkotakan ”khuluk” dan keris. ”Tahapan hari kalender terakhir, adalah pemasangan lampu hias keliling, di mana seluruh instalasinya, kini sudah terpasang,”katanya.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Membumikan Peringatan Hari Jadi Pati; Sebuah Catatan dari Beberapa Tulisan (16)
Next post Membumikan Peringatan Hari Jadi Pati; Sebuah Catatan dari Beberapa Tulisan (17)
Social profiles