Selama Libur Lebaran Disdukcapil Tetap Membuka Layanan

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati, Rubiyono.(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Selama libur Lebaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendudukcapil) Kabupaten Pati tetap membuka layanan kepada warga yang membutuhkan, sehingga para petugas harus dijadwalkan secara bergilir. Akan tetapi, saat Lebaran berlangsung, Rabu dan Kamis (5 s/d 6/6) tutup.
Hal itu untuk emmberi kesempatan personel jajarannya bisa bersilaturahim dengan keluarga, maka Jumat dan Sabtu layanan kem bali dibuka hingga hari kerja kembali normal, mulai Senin (11/6) mendatang. Karena itu, kepada warga Kabupaten Pati hendaknya bisa memanfaatkan kesempatan tersebut semaksimal mungkin.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pati, Rubiyono, mengatakan hal tersebut, di sela-sela kesempatan bersama rombongan Bupati Haryanto menjemput para pemudik gratis asal Pati di Jakarta, Sabtu (1/6) tadi malam di Terminal Kembang Joyo atau Terminal Sleko. Mudik bersama gratis tersebut difasilitasi pemerinatah kabupaten (pemkab) setempat.
Karena itu, katanya lebih lanjut, para pemudik yang baru tiba di kampung halaman bila sudah selesai melepas kangennya dengan keluarga, mulai Senin (3/6) besok, bisa mengurus keperluan surat-surat penting yang belum dimiliki. ”Di antaranya akta kelahiran, akta kematian, KTP maupun Kartu Kelarga (KK),”ujarnya.
Lebih baik, masih kata Rubiyono, semua kepentingan tersebut didahulukan saat berada kembali di kampung halaman. Sehingga tidak perlu menunggu sampai normalnya hari kerja selesai Lebaran, karena jika mengurus kepentingan tersebut menunggu hari kerja seusai Lebaran pasti terjadi antrean cukup banyak.
Menjadwalkan personel jajarannya untuk memberikan layanan di hari libur, hal itu merupakan salah satu upaya untuk menghindari hal tersebut. ”Silakan waktu dan kesempatan yang tersedia dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga saat nanti kembali merantau surat-surat penting untuk keluarga, semua sudah beres termasuk yang selama ini belum ber-KTP elektronik,”imbuh Rubiyono.(sn) 


About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Bupati Haryanto; Pemudik Jangan Tergiur dengan Panggilan Bos
Next post Mudik Bersama Gratis; Alternatif Sebuah Interaktif Antarwarga
Social profiles