Layanan Disdukcapil di Libur Lebaran Belum Dimanfaatkan Maksimal

Salah seorang warga Desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu, Pati, Eka, memanfaatkan layanan Dispensukcapil , di hari pertama libur menjelang Lebaran, Senin (3/6) tadi pagi.(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Libur menjelang Lebaran hari ini, Senin (3/6) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pati, tetap membuka layanan kepada masyarakat, baik yang hendak mengurus KTP, KK maupun akta kelahiran dan layanan lainnya. Akan tetapi kesempatan yang dibuka lebar sejak pagi hingga siang hari ternyata masih belum dimanfaatkan secara maksimal.
Barang kali warga masih sibuk dengan urusan masing-masing berkait persiapan menyambut datangnya Lebaran, termauk warga Pati yang kebanyakan sudah pulang mudik ke kampung halaman. Khusus yang disebut terakhir, barang kali juga masih disibukkan dengan acara bersama keluarga sehingga biasanya mereka akan mengurus apa yang dibutuhkan saat selesai Lebaran.
Dalam kondisi seperti itu biasanya, terjadinya antrean dalam memgurus apa yang mereka butuhkan di Disdukcapil harus mengantri. Sebab, semua datang bersamaan untuk mengurus kepentingan antara satu dan lainnya tidak jauh berbeda, maka dalam cuti Lebaran petugas yang memberikan layanan di jajaran Disdukcapil harus digilir.
Bagi salah seorang warga yang sempat ditemui, Eka asal Desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu, Pati, layanan di hari libur ini dimanfaatkan sebaik-baiknya. ”Kami akan mengiurus legalisasi kartu keluarga (KK),”ujarnya.
Disdukcapil Kabupaten Pati, di hari libur jelang Lebaran. Senin (3/6) hari ini, kendati membuka layanan tapi tidak banyak dimanfaatkan warga, sehingga tidak banyak terjadi antrean.(Foto:SN/aed)
Legalisasi KK tersebut, masih kata Eka, untuk melangkapi keperluan persyaratan bekerja karena selesai Lebaran dia harus sudah bisa berangkat bekerja ke luar negeri. Akan tetapi bukan sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW), meskipun negara tujuan Taiwan.
Sebab, pekerjaan yang dipilih sesuai tingkat kependidikan di perguruan tinggi yang mengambil jurusan bahasa asing, dan kebetulan menguasai Bahasa Mandarin. ”Karena itu kami ingin bekerja sebagai penterjemah.”
Terpisah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pati, Rubiyono mengatakan, terlepas kesempatan layanan yang diberikan kepada warga di hari libur dimanfaatkan atau tidak, yang penting pelayanan secara maksimal harus dilakukan. Lebih-lebih kepada para pemudik yang baru datang, jika bisa mengururus keperluannya lebih awal tentu lebih baik.
Sebab, waktu mereka terbatas, karena biasanya seusai Lebaran harus buru-buru kembali merantau mengingat tak bisa lama-lama meninggalkan pekerjaannya. ”Sesuai jadwal, Selasa (4/6) besok layanan masih kami buka kecuali, Rabu dan Kamis, tapi Jumat dan Sabtu kami buka lagi,”imbuhnya.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Mudik Bersama Gratis; Alternatif Sebuah Interaktif Antarwarga
Next post
Social profiles