Papan Proyek Akhirnya Dipasang Rekanan di Luar Pagar Lokasi Pekerjaan

Pihak rekanan akhirnya memasang papan proyek untuk paket pekerjaan Pembangunan Gedung Apotek Mardi Waras Pati, di pagar lingkungan lokasi proyek tersebut.(Foto:SN/aed)
SAMIN-NEWS.COM  PATI – Kendati hanya masalah pemasangan papan proyek hendaknya menjadi perhatian baik rekanan pemenang tender maupun pejabat pembuat komitmen (PPK), agar tidak abai memasangnya sesuai ktentuan. Hal itu menjadi bagian dari informasi publik bahwa pemerintah benar-benar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam memenuhi hak publik, berupa penyediaan fasilitas umum.
Dengan demikian, tak ada alasan bagi semua rekanan pemenang tender proyek pemerintah baik pusat, provinsi dan kabupaten/kota tidak memasang papan proyek tersebut. Berkait masalah itu untuk pemasangannya pun harus di tempat yang mudah dilihat khalayak, sehingga mereka dengan jelas akan mengetahui apa pelaksanaan paket pekerjaan proyek yang tengah berlangsung.
Tidak hanya itu, kata beberapa pemerhati fasilitas publik di Pati, berapa besarnya alokasi anggaran serta dar mana sumbernya. juga akan jelas diketahui. Selebihnya juga volume pekerjaan dan hari kalender pekerjaan untuk melihat sejauh mana tanggung jawab rekanan dalam melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
Sebab, progres pelaksanaan pekerjaan  menjadi penting untuk diketahui atau dilihat masyarakat berdasarkan hari kalender tersebut. ”Sehingga publik bisa ikut melakukan kontrol jika sampai terjadi wanprestasi, meskipun sanksi atas  hal tersebut sudah diatur dalam kontrak tapi publik juga berhak tahu mengapa itu sampai terjadi,”ujar salah seorang di antara mereka, S Ismu.
Terpisah M Hadi menyatakan pihaknya sore tadi sudah melihat langsung papan proyek  sudah dipasang di luar pagar keliling sisi selatan. Penempatannya sudah tepat, karena bisa dilihat langsung pengguna jalan yang berkendara dari selatan, dan juga dari barat bagi yang mengendarai sepeda maupun naik becak.
Hal tersebut mengingat lokasi proyek itu berada di sisi barat Alun-alun-alun Simpanglima Pati, tepatnya lokasi proyek itu di sudut Jl P Sudirman yang selama ini hanya bisa diakses satu arah. Sehingga yang bisa megajses dua arah hanya pengendara sepeda dan becak, tapi inti permasalahannya bukan itu.
Terpasangnya papa proyek, publik akhirnya tahu bahwa pelaksanaan pekerjaan yang tengah berlangsung di lokasi itu, adalah paket untuk pekerjaan Pembangunan Gedung Apotek Mardi Waras. Alokasi anggarannya bersumber dari APBD Kabuoaten Pati Tahun 2019 sebesar Rp 1,5 miliar lebih  dengan 150 hari kalebder dimulai 25 Maret 2019 dan selesai 25 Agustus tahun yang sama.
Sedangkan rekanan pemenang tender yang melaksanakan paket pekerjaan itu, CV  Anugrah Sentosa. ”Akan tetapi rekanan yang bersangkutan berasal dari Pati atau dari daerah lain, karena di papan proyek tersebut PT  itu  tidak mencantumkan alamatnya,”tandas M Hadi.(sn) 
     

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Kucing oh kucing menjadi symbol pria perkasa
Next post Memaknai Listrik Menyala Ala Romo Daddy Pasamsa
Social profiles