Revitalisasi Alun-alun Efektif Dimulai Besok Pagi

Gambar tiga dimensi pada lembar banner yang dipasang di sepanjang keliling bundaran Alun-alun Simpanglima Pati, menunjukkan bahwa rekanan pemenang tender proyek tersebut memulai pelaksanaan pekerjaan proyek revitalisasi fasilitas publik itu dengan serius.(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Selesai melakukan persiapan selama sepekan, baik memasang pagar keliling bundaran Alun-alun Simpanglima Pati, lengkap dengan penutup[ gambar tiga domensi pada lembar banner, mulai Senin (29/4) besok rekanan pemenang tender proyek revitalisasi alun-alun setemopat mulai efektif melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Sebab, surat perintah kerja (SPK) diberikan Senin (22/4) lalu dengan waktu pelaksanaan selama 150 hari kalender.
Dengan demikian, proyek fasilitas publik berbiaya Rp 8,8 miliar tersebut harus sudah tuntas Minggu (22/9), sehingga rekanan pememang tender maupun rekanan kerja sama operasional (KSO) harus benar-benar memperhatikan hari kalender. Sebab, di tengah-tengah pelaksanaan pekerjaan bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri, maka rekanan harus memberikan kesempatan berlibur kepada para pekerja.
Pelaksana lapangan rekanan (KSO), Ahmad Ketika ditanya berkait hal tersebut membenarkan, sehingga pihaknya harus benar-benar menghitung hari kalender secara efektif. Apalagi, dalam melaksanakan kontrak pekerjaan itu yang terbanyak adalah bidang pekerjaan yang mengutamakan unsur art, maka hal tersebut benar-benar menyita waktu secara khusus.
Di sisi lain, juga ada bidang pekerjaan yang secara teknis mempunyai tingkat kesulitan yang benar-benar menunut keahlian secara khus. ”Yakni, pembuatan jogging track sehingga dalam tahap awal pelkasanaan pekerjaan yang harus kami lakukan, adalah pembongkaran ;paving block pelataran keliling alun-alun,”ujarnya.
Untuk tahap awal pekerjaan tersebut, katanya lebih lanjut, segera diikuti pula dengan peninggian pelataran agar sama dengan ketinggian lapangan rumput. Dengan demikian, untuk tahapan pekerjaan tersebut harus dilakukan pemngurukan dan pemadatan pada sekeliling pelataran, baru bisa dilanjutkan tahap berikutinya, yaitu pemasangan lantai pelataran dari batu granit untuk keramiknya.
Khusus untuk material itu tentu harus melalui  order pemesanan karena produk pabrikan, dan berkait hal tersebut sudah dilakukan. Sehingga begitu tahapan pelaksanaan pekerjaan itu siap dilakukan maka material itu siap didatangkan, serta tahapan ini paling banyak melibatkan para pekerja yang benar-benar ahli di bidangnya.
Karena itu, pihaknya mohon doa restu kepada seluruh masyarakat Pati agar kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah kabupaten (pemkab) setempat melalui organisasi perangkat daerah (OPD) pengguna anggaran (PA) bisa dituntaskan tepat waktu. Selebihnya, hasil akhir dari seluruh pekerjaan di lapangan benar-benar maksimal.
Apalagi, proyek revitalisasi Alun-alun Simpanglima Pati ini adalah salah satu proyek paling pristise dan monumental, karena akan memberikan warna lain pada bagian wajah Kota Pati. ”Dengan demikian, bagi kami untuk melaksanakan pekerjaan fasilitas publik ini adalah sebuah tantangan,”tandasnya.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Suasana Pusat Kuliner Pati Dua Jam Lalu
Next post Tahap Awal Revitalisasi dengan Membongkar Paving Block
Social profiles