KPU Terima Kiriman Surat Suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden

Salah seorang personel KPU Pati, Supriyanto Vijay mengawal penurunan surat suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dari kendaraan pengangkut ke tempat penyimpanan.(Foto:SN/dok-kpu-aed)

SAMIN-NEWS.COM  PATI – Kamis (14/2) hari ini, KPU Pati menerima surat suara untiuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 dari pihak percetakan PT Peruri yang diangkut dengan mobil boks ekpsidisi PT Pos Logistik. Sebelum barang cetakan tersebut dibongkar terlebih dahulu dilakukan pengecekan, dan pengawasan oleh pihak Bawaslu serta jajaran kepolisian setempat.
Adapun surat suara yang dikirim dan harus diturunkan dari kendaraan pengangkut setelah dicek dalam kondisi utuh, kemudian dihitung yang jumlah seluruhnya dalam kemasan boks 528, atau berisi 1.055.487 lembar surat suara. Sedangkan untuk daftar pemilih tetap di Kabupaten Pati, ditambah cadangan surat suara sebesar 2 persen, seharusnya jumlah tersebut 1.057.573 lembar.
Dengan demikian, kata Ketua KPU Kabupaten Pati, Imbang Setiawan, untuk kekurangan surat suara sesuai yang dibutuhkan masih sebanyak 2.086 lembar. Untuk tindak lanjut pengiriman surat suara berikitnya masih ditunggu, karena pengiriman yang datang hari ini memang baru surat suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
Sedangkan dalam Pemilu Serentak Tahun 2019, Rabu 17 April mendatang ada empat pemilu lainnya, yaitu memilih anggota DPD, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota sehingga harus menunggu pengiriman berikutnya. ”Berdasarkan istimasi pihak percetakan adalah tanggal 23 Februari mendatang,”ujarnya.
Jika nantinya sudah lengkap, katanya lagi, akan ditindaklanjjuti dengan proses sortir dan lipat untuk persiapan berkait dengan penggunaan surat suara di pemungutan dan penghitungan dalam Pemilu 17 April 2019 mendatang. Untuk pengamanan di gudang penyimpanan pihaknya juga sudah menyiapkan tenaga pengamanan internal.
Mereka akan dibagi dalam tiga sifh dari pihak keamanan, dan dari pihak kepolisian juga sudah ada yang stanby di gudang penyimpanan yang kebetulan surat suara tersebut disimpan di aula KPU. ”Sistem keamanan yang lain sudah disediakan CCTV untuk proses penmgawasan dan pengamanan surat suara di KPU Kabuoaten Pati,”kata Imbang Setiawan.(sn) 

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post OPD Disnakertrans Dampingi Komisi D Kunjungi Transmigrans asal Pati
Next post Komisi C DPRD Pati Ingatkan Bahaya Limbah B3
Social profiles