Katagori Surat Suara Rusak Terus Bertambah

Suasana penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pilpres Tahun 2019 di aula KPU Pati sehari-hari terhitung sejak Senin (25/2) lalu.(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Katagori jumlah surat suara untuk Pilpres Presiden dan Wakil Presiden yang rusak tiap hari terus bertambah. Hal itu diketahui sejak penyortiran hari pertama , Senin (25/2) hingga Selasa (26/2) kemarin, dan dipastikan katagori tersebut karena adanya bercak putih sebesar jarum mesin jahit pada bagian kanan gambar masing-masing pasangan calon No 01 dan 02.
Oleh KPU Pati, kondisi surat suara itu sudah dimintakan petunjuk ke KPU Provinsi Jawa Tengah, dan disarankan agar surat suara yang terdapat bercak tinta saat pencetakan di percetakan yang melaksanakan pekerjaan tersebut. Atas saran dari KPU provinsi, maka semua surat suara yang terdapat bercak putih itu statusnya afkir.
Hal itu dibenarkan, salah satu personel KPU Pati, Supriyanto Vijay, dan sejak hari pertama dimulai penyortiran dan pelipatan surat suara Pilpres 2019, pihaknya sudah mengambil langkah cepat. Karena hasil konsultasi ke KPU Provinsi Jawa Tengah disarankan seperti itu, maka kepada para pekerja borong untuk sortir dan pelipatan harus benar-benar ekstra cermat.
Jika pada hari pertama penyortiran dan pelipatan yang berhasil dilakukan para pekerja boringan sebanyak 65 orang tersebut, surat suara yang berhasil dilipat dalam kondisi baik sebanyak 173.538 lembar dan rusak 11.643 lembar, sehingga  jumlah surat suara yang baik dan rusak seluruhnya 185.181 lembar.
Hari kedua, Selasa (26/2) emarin, dari seluruh kebutuhan surat suara Pilpres untuk Kabuoaten OPati sebanyak 1.057.573 setelah dibuka, disortir dan dilipat sebanyak 313.600 lembar. Adapun yang baik 292.499, dan rusak 20.949 sehingga pada hari pertama dan kedua surat suara yang disortir dan diliipat baik yang dalam kondisi baik maupun yang rusak sudah mencapai 498.781,”ujarnya.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Kendati Harus ”Nggremet” Kampus Kehidupan Tetap Berbenah
Next post PELANTIKAN DPD DAN DPC RAKERDA KAI JAWA TENGAH 2019
Social profiles